5 Gaya Hidup Konsumtif yang Perlu Dihindari Agar Keuangan Lebih Sehat

Selasa, 12 September 2023 - 14:19 WIB
loading...
5 Gaya Hidup Konsumtif yang Perlu Dihindari Agar Keuangan Lebih Sehat
5 gaya hidup konsumtif yang perlu dihindari dari MotionBank. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gaya hidup konsumtif adalah kecenderungan untuk menghabiskan lebih banyak uang daripada yang sebenarnya Anda butuhkan atau mampu. Ini adalah kebiasaan yang tentunya dapat merusak stabilitas keuangan dan menghambat kemajuan menuju tujuan finansial Anda. Nah, untuk memastikan keuangan yang lebih sehat, penting untuk mengenali dan menghindari gaya hidup konsumtif berikut ini:

1. Belanja Emosional
Salah satu bentuk gaya hidup konsumtif yang paling umum adalah belanja emosional. Ini terjadi ketika Anda membeli barang atau jasa sebagai respons terhadap emosi negatif seperti stress, kebosanan, atau kesedihan. Belanja emosional dapat mengakibatkan pembelian impulsif dan akhirnya menumpuknya hutang kartu kredit.

2. Gaya Hidup Glamor yang Berlebihan
Mengikuti tren dan gaya hidup glamor yang berlebihan memang sangat menguras kantong. Ini termasuk membeli barang-barang mewah, berlangganan layanan premium, serta di jaman sekarang itu berusaha untuk terus muncul dengan tampilan yang "insta-worthy"

3. Konsumsi Berlebihan dalam Hiburan
Hiburan yang berlebihan, seperti sering makan di restoran mewah, menghadiri acara konser atau pertunjukan, atau berlangganan banyak layanan streaming, dapat dengan cepat menguras anggaran Anda.

4. Pembelian Barang Elektronik Terbaru
Mengikuti tren teknologi dengan selalu membeli produk elektronik terbaru adalah contoh nyata gaya hidup konsumtif. Smartphone dan perangkat elektronik terbaru/flagship seringkali memiliki harga yang tinggi dan cenderung usang dalam beberapa tahun.

5. Liburan Mewah yang Terlalu Sering
Liburan mewah seringkali menjadi salah satu penyebab utama pengeluaran besar. Terlalu sering berlibur ke destinasi eksklusif atau resort bintang lima dapat merusak keuangan Anda.

Presiden Direktur MNC Bank, Rita Montagna menyampaikan bahwa gaya hidup konsumtif adalah tantangan nyata yang dihadapi oleh banyak individu dan keluarga di zaman ini. Semakin mudahnya akses ke berbagai barang dan layanan yang menggiurkan membuat kita seringkali tergoda untuk membeli lebih dari yang kita butuhkan. Konsumsi berlebihan ini dapat membahayakan stabilitas keuangan jangka panjang.

“Sebagai bank yang telah berpengalaman dan berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan finansial, MNC Bank menyadari pentingnya membantu mengelola keuangan mereka dengan bijak. Cara kami melakukannya adalah dengan menyediakan stimulus dengan promo yang menarik, salah satunya dengan program Tabungan Dahsyat Bundling”.

Cukup melakukan pembukaan rekening tabungan dan deposito di MNC Bank dengan tenor 3 atau 6 bulan secara bersamaan, Nasabah bisa langsung mendapatkan cashback hingga Rp99 juta yang akan dibayar di muka paling lambat 14 hari kerja. Sebagai contoh dalam program Tabungan Dahsyat Bundling, nasabah melakukan penempatan dana tabungan dan deposito masing-masing sebesar Rp280.000.000 dan Rp70.000.000, dengan jangka waktu selama 3 bulan, nasabah berhak mendapatkan cashback sebesar Rp2.240.000 atau sebesar Rp4.550.000 jika diendapkan selama 6 bulan.

“Menghindari gaya hidup konsumtif adalah kunci untuk mencapai keuangan yang lebih sehat. Dengan menyadari pola-pola tersebut dan mengambil tindakan konkret, Anda dapat membangun dasar yang kuat untuk masa depan keuangan yang lebih cerah,” tutup Rita.

Terkait informasi mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT), dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di Twitter.
Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)