Menteri Teten Ingin Transformasi Digital RI Tiru China, Ini Alasannya

Selasa, 12 September 2023 - 20:10 WIB
loading...
Menteri Teten Ingin Transformasi Digital RI Tiru China, Ini Alasannya
MenkopUKM Teten Masduki menginginkan Indonesia bisa mencontoh China dalam melakukan transformasi digital, begini penjelasannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (MenkopUKM) Teten Masduki menginginkan Indonesia bisa mencontoh China dalam melakukan transformasi digital . Menurutnya transformasi digital tidak bisa dihindarkan dan pengaruhnya terhadap perekonomian negara sangat besar.

Ditekankan juga oleh Teten, bahwa China adalah salah satu negara yang menjadi maju karena transformasi digitalnya sangat tepat.

"Tiongkok berhasil melakukan akselerasi digital melahirkan ekonomi baru dan melindungi pasar domestik dengan ketat, jadi ekonomi digitalnya tidak membunuh ekonomi lama, itu penting," kata Teten dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI dan Menteri Perdagangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/9/2023).



Teten menjelaskan, ekonomi digital di Negeri Tirai Bambu -julukan China- 90% dikuasai oleh domestik, sedangkan pihak asing hanya menguasai 10% sisanya. Keberhasilan tersebut kata Teten karena China menerapkan aturan yang ketat.

"Karena itu waktu RDP yang lalu saya sampaikan, kita tiru model Tiongkok. Di Tiongkok platform digital enggak boleh monopoli, diatur. Medsos-medsos, dagang-dagang, dipisah," ungkap Teten.

Teten mencontohkan platform TikTok yang menggabungkan media sosial dengan e-commerce di Indonesia. Padahal menurut Teten di China hal tersebut tidak terjadi karena ada aturan yang ketat.

"Menurut saya harus kita atur, kalau tidak, ya kita tahu sudah ada perdagangan bebas, tapi semua negara juga mengatur kok," tuturnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)