Jokowi Pastikan Tak Ada Subsidi untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung

Rabu, 13 September 2023 - 13:43 WIB
loading...
Jokowi Pastikan Tak Ada Subsidi untuk Kereta Cepat Jakarta Bandung
Jokowi memastikan tak ada subsidi untuk kereta cepat. Foto/RakaDwiNovianto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bahwa moda transportasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.



"Tidak ada subsidi," kata Jokowi di Stasiun Padalarang, Bandung Barat, Rabu (13/9/2023).

Jokowi menjelaskan bahwa tarif pada kereta cepat telah dikalkulasikan sebelum diberitahukan kepada masyarakat. Meski begitu, dirinya hanya ingin masyarakat dapat berpindah dari moda transportasi pribadi ke transportasi massal.

"Itu semua kan ada kalkulasinya, semuanya ada hitung-hitungan. mestinya. Tapi yang paling penting, kita ingin mendorong agar masyarakat berpindah dari mobil ke transportasi massal, baik itu kereta cepat, MRT, LRT, bus," jelasnya.

Jokowi juga meminta masyarakat mencoba langsung kereta cepat Jakarta Bandung. Sebab, menurutnya dengan kecepatan hampir 350 km per jam, dari stasiun Halim menuju Padalarang hanya memakan waktu kurang dari setengah jam.



"Ya wong diliat orang kan mesti merasa dulu. Orang pasti mencoba dulu baru menentukan sikap. Belum ngerasain sudah mengomentari. Rasain dulu 350 km per jam seperti apa dari halim sampe ke Padalarang berapa menit tadi, 25 menit. Kalo sampe tegaluar berapa menit? coba," kata Jokowi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)