Menyoroti Pentingnya Rantai Pasok Hulu-Hilir yang Berkelanjutan

Rabu, 13 September 2023 - 14:27 WIB
loading...
A A A
Dekarbonisasi dari hulu ke hilir yang juga dilakukan oleh Schneider Electric adalah dengan menerapkan bisnis yang sirkular. Hal ini dapat dicapai dengan melakukan modernisasi perangkat listrik (retrofit) dan end of life instructions, yaitu dengan penanganan akhir masa pakai (dengan pengumpulan dan daur ulang) beragam komponen produksi yang masih dapat dimodifikasi dan didayagunakan.

Salah satu dampak positif melalui perpanjangan masa pakai untuk keberlanjutan atau retrofit, dapat mengurangi biaya energi sebesar 773.904 MJ, pengurangan emisi sebesar 40-ton CO2, dan pengurangan penggunaan air sebesar 389m3- dikalkulasikan dengan menggunakan Profil Produk Ramah Lingkungan (Product Environmental Profile).

Pada bagian lain, transformasi digital yang ditawarkan oleh Schneider Electric terdiri dari empat pilar utama, yaitu Elekrifikasi (Electrify) yang menyasar operasional perusahaan/industri, Mengurangi (Reduce) yang menyasar penggunaan energi, Mengganti (Replace) yang menyasar sumber energi, dan Pelibatan (Engage) yang menyasar rantai pasok.

Keempat pilar tersebut dapat dilaksanakan dengan salah satu solusi arsitektur network Schneider Electric yang dinamakan EcoStruxure berbasis cloud dan dapat dipantau dan dikendalikan secara remote, dan terbuka untuk semua organisasi yang ingin melakukan dekarbonisasi.

“Kami sadar bahwa rantai pasok yang berkelanjutan merupakan salah satu elemen penting yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagai Impact Company, kami senantiasa berkomitmen untuk menjalin kemitraan yang kuat dengan pemasok kami, melibatkan seluruh jaringan pasokan pada praktik yang bertanggung jawab secara sosial, lingkungan, dan ekonomi,” tutup Cluster President Schneider Electric Indonesia & Timor Leste, Roberto Rossi.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)