CCSIKD, Pracheta dan Mitsui Bangun Jaringan Kabel Bawah Laut 4.100 Km

Kamis, 14 September 2023 - 13:38 WIB
loading...
CCSIKD, Pracheta dan Mitsui Bangun Jaringan Kabel Bawah Laut 4.100 Km
Penandatanganan perjanjian pemegang saham dan penyertaan saham antara CCSIKD-Mitsui-Pracheta dalam joint venture di PT VCS. Foto/Dok. VCS
A A A
JAKARTA - PT CCSI Konektivitas Digital (CCSIKD), anak usaha PT Communication Cable Systems Indonesia Tbk, PT Pracheta Nusa Telekom (Pracheta), anak usaha PT NAP Info Lintas Nusa (Matrix NAP Info) dan Mitsui & Co., Ltd.- Jepang (Mitsui) membentuk usaha patungan guna mengembangkan jaringan kabel bawah laut antarpulau sepanjang 4.100 km.

Jaringan kabel bawah laut yang dinamai Varuna Cable Systems ini akan menghubungkan pulau-pulau besar di Indonesia termasuk di dalamnya adalah Jawa, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Sulawesi, Kalimantan, dan Madura. Jaringan yang terdiri dari 2.700 km kabel bawah laut dan 1.400 km kabel darat ini disebut akan berperan penting dalam menyediakan konektivitas digital ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Varuna juga diyakini akan mendukung ekonomi digital yang berkembang pesat di luar Pulau Jawa.



Perusahaan patungan yang dibentuk ini yaitu, PT Varuna Cahaya Santosa (VCS), menjadi wadah gabungan keahlian dari perusahaan-perusahaan induknya. CCSI misalnya, merupakan pelopor di industri kabel optik Indonesia, dan menjadi yang pertama memproduksi kabel bawah laut dengan Sertifikasi Internasional sejak 1996 di Indonesia.

Sementara, Matrix NAP Info, memiliki catatan lebih dari 20 tahun sebagai operator kabel bawah laut sekaligus melayani penyedia layanan internet Indonesia dengan layanan bandwidth internasionalnya. Sedangkan Mitsui & Co., Ltd. dari Jepang, telah menjadi investor kunci di jaringan kabel bawah laut skala besar lainnya seperti Juno Cable.

"Varuna Cable Systems adalah bukti visi kami untuk meningkatkan lanskap digital di luar Jawa. Melalui kerja sama dengan Matrix NAP Info dan Mitsui, kami siap menjadi pemimpin pasar dalam bisnis kabel bawah laut di Indonesia," ungkap CEO CCSI dan VCS Peter Djatmiko dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/9/2023).



Sementara, Direktur Matrix NAP Info Omar Syarif Nasution mengatakan, jaringan Varuna akan melengkapi dan memperluas layanan Matrix NAP Info di dalam negeri. "Kolaborasi dalam membentuk Varuna ini kami harapkan dapat semakin mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital dalam negeri secara inklusif," tuturnya.

Presiden Direktur Mitsui Indonesia Shinichi Kikuchihara menambahkan, VARUNA merupakan proyek pembangunan bangsa khususnya di kawasan timur Indonesia. Inisiatif ini menurutnya tidak hanya akan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa, namun juga selaras dengan strategi bisnis Mitsui dalam pengembangan infrastruktur digital.

"Dengan memfokuskan upaya kami pada proyek VARUNA, kami turut mendorong kemajuan, memberdayakan masyarakat, dan membentuk masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia. Mitsui akan memanfaatkan pengetahuan yang kami peroleh dari pengalaman pengembangan proyek terkait infrastruktur di seluruh dunia," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5173 seconds (0.1#10.140)