Lobster Laut Punya Peran Signifikan dalam Perekonomian

Sabtu, 16 September 2023 - 09:39 WIB
loading...
Lobster Laut Punya Peran Signifikan dalam Perekonomian
Lobster menjadi komoditas laut yang bernilai tinggi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Peran lobster laut dalam industri perikanan dan ekonomi Indonesia sangat signifikan. Lobster laut merupakan salah satu komoditas yang bernilai tinggi dan sangat dicari di pasar global.



"Sejak awal tahun, perlahan permintaan lobster terus naik. Jenisnya meliputi lobster mutiara, pasir, batik, dan yang lain. Benua Asia masih memimpin dengan jumlah permintaan tertinggi sampai saat ini," kata Utari Octavianty, eksportir lobster dan Co-Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna, dalam keterangannya, Sabtu (16/9/2023).

Bukan hanya fokus ke eskpor, Aruna pun menyediakan produk seafood berkualitas untuk retailer Indonesia, khususnya yang berlokasi di Jabodetabek. Seafood by Aruna yang bisa ditemukan di e-commerce hijau tentu hanya memasarkan produk laut berkualitas tinggi yang ditangkap langsung oleh nelayan lokal Indonesia.

"Untuk memenuhi permintaan retail, Aruna biasanya secara khusus mengambil lobster dari Aruna Hub yang berlokasi di Ujung Genteng, Jawa Barat. Selain lobster, ada banyak jenis ikan dan seafood dari nelayan lokal yang juga bisa dipesan dengan mudah di e-commerce hijau," tambah Utari.

Utari kemudian menyebut ciri-ciri lobster laut yang berkualitas di antaranya warna cangkang cerah dan ukurannya besar. Karena proses pertumbuhan yang lambat, butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa mendapatkan lobster laut dewasa yang siap untuk dikonsumsi.



Lobster laut adalah hewan unik dengan karakteristik dan siklus hidup yang menarik. Mereka bukan hanya menjadi daya tarik di dunia kuliner, tetapi juga mewakili sumber daya laut yang menakjubkan.

"Tak heran jika lobster laut memiliki harga yang relatif mahal," tandas Utari.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3469 seconds (0.1#10.140)