alexa snippet

S&P Naikkan Peringkat RI Jadi Layak Investasi

S&P Naikkan Peringkat RI Jadi Layak Investasi
Lembaga pemeringkat Standard & Poor's menaikkan peringkat utang negara jangka panjang Indonesia tahun ini dari BB menjadi BBB-. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Lembaga pemeringkat Standard & Poor's menaikkan peringkat utang negara jangka panjang Indonesia tahun ini dari BB+ menjadi BBB-. Kenaikan peringkat tersebut menandakan Indonesia kini menjadi negara yang layak investasi.

S&P memandang pemerintah Indonesia telah berhasil menata Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara lebih efektif sehingga membuat keuangan negara pun menjadi lebih stabil. "Akibatnya, kami memperkirakan bahwa utang Indonesia akan stabil di tingkat rendah, dan defisit anggaran secara perlahan akan mulai menurun," demikian dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

(Baca Juga: Stabilitas Ekonomi Indonesia Diakui Lembaga Internasional)

Tak hanya itu S&P juga mengerek peringkat utang negara jangka pendek dari peringkat B menjadi A-3. Selain itu, lembaga pemeringkat asal Amerika Serikat (AS) tersebut juga menaikkan peringkat skala jangka panjang regional ASEAN dari axBBB+ menjadi axA dan skala jangka pendek ASEAN menjadi axA-2.

Sementara untuk outlook rating jangka panjang, Indonesia memperoleh predikat stabil. Karena lembaga pemeringkat yang bermarkas di New York tersebut melihat risiko positif dan negatif secara luas seimbang.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top