5 Negara ASEAN dengan Tingkat Kelaparan Tertinggi, Indonesia Masuk Peringkat ke-3

Sabtu, 23 September 2023 - 15:30 WIB
loading...
5 Negara ASEAN dengan Tingkat Kelaparan Tertinggi, Indonesia Masuk Peringkat ke-3
Ada lima negara ASEAN dengan tingkat kelaparan tertinggi di mana Indonesia masuk urutan ketiga. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Terdapat lima negara ASEAN dengan tingkat kelaparan tertinggi. Dalam indeks kelaparan yang dikeluarkan oleh Global Hunger Index (GHI), Indonesia masuk dalam urutan ketiga di Asia Tenggara.

Dilansir dari laman Global Hunger Index, skor GHI di Asia Timur dan Tenggara pada tahun 2022 berada pada angka 8,2. Ini tergolong rendah dan mengalami penurunan dibandingkan skor tahun 2014 yang sebesar 10,3 yang berada di kategori sedang.

Apabila perhitungan GHI dibawah 9,9 poin berarti tingkat kelaparan di wilayah tersebut masih tergolong rendah. Jika memiliki 10-19,9 poin maka masuk ke level sedang, diikuti 20-34,9 poin level berat, 35-49,9 poin level mengkhawatirkan, dan jika berada di atas 50 maka masuk level sangat mengkhawatirkan.



Meski prevalensi kekurangan gizi, angka wasting anak, dan angka kematian anak masing-masing dianggap rendah atau sangat rendah di kawasan Asia Timur dan ASEAN. Namun, angka stunting anak di kawasan ini sebesar 13,4%, yang dianggap masuk kategori sedang.

5 Negara ASEAN dengan Tingkat Kelaparan Tertinggi


1. Timor Leste


Negara ASEAN dengan tingkat kelaparan tertinggi dipegang oleh Timor Leste, yakni sebesar 30,6 poin menurut GHI di tahun 2022. Ini menandakan jika Timor Leste sudah masuk ke level berat untuk tingkat kelaparannya.

Selain punya tingkat kelaparan tertinggi, Timor Leste juga punya tingkat stunting pada anak yang sangat tinggi yakni mencapai 46,7%.

2. Laos


Negara ASEAN dengan tingkat kelaparan tertinggi selanjutnya dipegang oleh Laos yang memiliki 19,2 poin dari GHI tahun 2022. Negara ini termasuk dalam kategori sedang.



Untuk angka stunting pada anak di Laos sendiri mencapai 33,1%. Ini menjadikan Laos negara dengan tingkat stunting anak tertinggi kedua di ASEAN.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1460 seconds (0.1#10.140)