3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan

Senin, 25 September 2023 - 16:34 WIB
loading...
3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan
Terdapat tiga presiden termiskin di dunia. Hal tersebut bisa karena banyak faktor gaji kecil hingga keinginan untuk beramal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga presiden termiskin di dunia. Hal tersebut bisa karena banyak faktor seperti gaji yang kecil atau keinginan mereka yang ingin menyalurkan penghasilannya untuk kegiatan amal.

Presiden adalah seorang kepala yang memimpin sebuah negara. Banyak orang yang berpikir bahwa seorang presiden akan mendapat gaji yang besar. Meski begitu, mereka yang memimpin negara demokratis harus terbuka dengan harta kekayaannya.

Hal itu membuat presiden sangat pantang untuk hidup bermewah-mewahan, terlebih untuk mereka yang masih memimpin negara berkembang. Sebab, presiden dengan gaya hidup mewah akan selalu menjadi kontroversi.

Presiden termiskin di dunia ini bukan hanya berdasar pada gaji yang mereka dapat saja. Berikut deretan presiden termiskin di dunia.

3 Presiden Termiskin di Dunia


1. Nelson Mandela

3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan


Presiden Afrika Selatan yang memimpin tahun 1994 hingga 1999 ini menjadi tokoh politik yang paling populer di Benua Hitam. Bahkan, Nelson Mandela telah dijadikan sebagai subjek biografi dan dokumenter TV.

Meskipun setiap gerak-geriknya selalu terendus media, namun masih banyak yang belum tahu bahwa Nelson Mandela merupakan salah satu presiden termiskin di dunia. Sebab, hartanya yang hanya sekitar USD1,5 juta atau Rp15 miliar saja.



Menurut laman The Guardian, Mandela juga menunjukkan keengganan terhadap keserakahan. Dia memotong gaji presidennya ketika dia berkuasa pada tahun 1994, dan menyerahkan sepertiganya sebagai sumbangan rutin untuk dana anak-anak.

Meskipun rumah Nelson Mandela di Johannesburg dan desa leluhurnya di Qunu tergolong mewah menurut standar lokal, namun tidakmegah bila disandingkan jabatannya yang merupakan seorang Presiden Afrika Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)