3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan

Senin, 25 September 2023 - 16:34 WIB
loading...
3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan
Terdapat tiga presiden termiskin di dunia. Hal tersebut bisa karena banyak faktor gaji kecil hingga keinginan untuk beramal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga presiden termiskin di dunia. Hal tersebut bisa karena banyak faktor seperti gaji yang kecil atau keinginan mereka yang ingin menyalurkan penghasilannya untuk kegiatan amal.

Presiden adalah seorang kepala yang memimpin sebuah negara. Banyak orang yang berpikir bahwa seorang presiden akan mendapat gaji yang besar. Meski begitu, mereka yang memimpin negara demokratis harus terbuka dengan harta kekayaannya.

Hal itu membuat presiden sangat pantang untuk hidup bermewah-mewahan, terlebih untuk mereka yang masih memimpin negara berkembang. Sebab, presiden dengan gaya hidup mewah akan selalu menjadi kontroversi.

Presiden termiskin di dunia ini bukan hanya berdasar pada gaji yang mereka dapat saja. Berikut deretan presiden termiskin di dunia.

3 Presiden Termiskin di Dunia


1. Nelson Mandela

3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan


Presiden Afrika Selatan yang memimpin tahun 1994 hingga 1999 ini menjadi tokoh politik yang paling populer di Benua Hitam. Bahkan, Nelson Mandela telah dijadikan sebagai subjek biografi dan dokumenter TV.

Meskipun setiap gerak-geriknya selalu terendus media, namun masih banyak yang belum tahu bahwa Nelson Mandela merupakan salah satu presiden termiskin di dunia. Sebab, hartanya yang hanya sekitar USD1,5 juta atau Rp15 miliar saja.



Menurut laman The Guardian, Mandela juga menunjukkan keengganan terhadap keserakahan. Dia memotong gaji presidennya ketika dia berkuasa pada tahun 1994, dan menyerahkan sepertiganya sebagai sumbangan rutin untuk dana anak-anak.

Meskipun rumah Nelson Mandela di Johannesburg dan desa leluhurnya di Qunu tergolong mewah menurut standar lokal, namun tidakmegah bila disandingkan jabatannya yang merupakan seorang Presiden Afrika Selatan.

George Bizos, teman lama Mandela dan pengacaranya, mengatakan, "Jika ada yang mengatakan bahwa Nelson adalah seorang multi-jutawan, mereka salah. Dia bukan orang kaya. Penghasilannya secara teknis nihil, sebab dia selalu bersikeras bahwa uang yang diberikan padanya harus digunakan untuk membangun sekolah dan rumah sakit,” ujarnya.

2. Fidel Castro

3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan


Fidel Castro dikenal sebagai Presiden Kuba yang dibenci oleh AS karena bentrok masa lalu. Bahkan menurut Al Jazeera, pemerintah AS menghabiskan lebih dari USD1 miliar untuk mencoba membunuh, melemahkan, atau memaksa Castro turun dari kekuasaan.

Meski begitu, Castro tetap berada di kursi pemimpin Kuba. Dia memimpin dari tahun 1978 hingga 2008. Kebencian AS ke Kuba saat itu membuat beberapa media memberitakan bahwa Castro merupakan presiden yang memiliki gaya hidup mewah dan kekayaan fantastis.



Namun sebaliknya, selama lima dekade, Castru justru berupaya mengubah negara kepulauan itu menjadi tempat yang setara dan berkeadilan sosial.

Bahkan, dirinya telah berhasil untuk menekan tingkat kematian bayi dan memperbaiki tingkat buta huruf di Kuba. Dalam perjuangan besar ini, dia hanyalah presiden sederhana yang tinggal dalam rumah yang tidaklah megah sama sekali.

Bahkan, gajinya saat itu sangatlah kecil, yakni hanya sebesar 900 peso Kuba, atau Rp350.000 saja. Ini tentunya sangat kecil bila dibandingkan dengan berbagai gaji presiden di seluruh dunia.

3. Jose Mujica

3 Presiden Termiskin di Dunia, Ada yang 90 Persen Gajinya Disumbangkan


Jose Mujica adalah presiden Uruguay yang menjabat dari tahun 2010 hingga 2015. Dia sangat terkenal akan kesederhanaannya.

Menurut laman BBC, Presiden Mujica menghindari rumah mewah yang disediakan negara untuk para pemimpinnya dan memilih untuk tinggal di rumah pertanian istrinya, di pinggir jalan tanah di luar Montevideo.



Bahkan, ditemukan juga fakta bahwa Mujica menyumbangkan sekitar 90 persen dari gaji bulanannya, setara dengan USD12.000 atau Rp184 juta, untuk amal.

Sumbangannya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat miskin dan pengusaha kecil. Dengan besarnya sumbangan yang diberikan membuat gaji yang diperoleh presiden ini kira-kira setara dengan pendapatan rata-rata orang Uruguay sebesar USD775 atau Rp11 juta per bulan.

Pada tahun 2010 lalu, nilai kekayaan Mujica sebagai Presiden Uruguay saja hanya sekitar USD1.800 atau Rp27 juta saja. Hal tersebut tentunya cukup untuk membuatnya sebagai presiden termiskin di dunia.

Itulah beberapa presiden termiskin di dunia. Bila dibandingkan dengan Presiden Indonesia tentu sangat berbeda jauh. Meskipun gaji yang diterima Presiden RI hanya sekitar Rp30 juta, namun angka kekayaan mereka tidak ada yang di bawah Rp2 miliar.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3021 seconds (0.1#10.140)