Pelindo I Gratiskan 2.150 Pemudik Lebaran

Jum'at, 02 Juni 2017 - 18:01 WIB
Pelindo I Gratiskan 2.150 Pemudik Lebaran
Pelindo I Gratiskan 2.150 Pemudik Lebaran
A A A
MEDAN - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I menggratiskan 2.150 warga yang akan mudik Lebaran ke kampung halamannya. Program mudik gratis ini melayani rute Batam, Pekanbaru, Perawang, Dumai dan Medan.

Senior Menejer Pelayanan Kapal dan Barang Pelindo I Mardiofi mengemukakan, dalam program mudik gratis warga akan diantar langsung Pelindo I menuju beberapa kota di Pulau Sumatera. Di antaranya dari Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Belawan dengan jadwal keberangkatan 21 Juni 2017, menggunakan Kapal penumpang KM Kelud.

Sementara tujuan Pekanbaru, Padang, Perawang, Medan, Pekanbaru – Medan, Medan – Aceh, Dumai – Medan, dan Medan – Tapanuli Selatan, jadwal keberangkatannya pada 20 Juni, menggunakan bus.

Untuk itu, lanjut Mardiofi, pihaknya akan menyediakan 45 bus untuk program mudik gratis ini dan khusus untuk keberangkatan dari Pelabuhan Batam ke Pelabuhan Belawan akan disiapkan 1 kapal laut.

Pendaftaran peserta mudik gratis ini dapat dilakukan mulai 29 Mei hingga 15 Juni 2017 di kantor Cabang Pelindo I, dan setiap peserta akan dicover asuransi sehingga peserta mudik gratis makin nyaman dan tenang dalam perjalanan.

Para peserta dapat mendaftarkan diri secara langsung di kantor Cabang Pelindo I. Sedangkan untuk daerah keberangkatan, yaitu Kantor Pelabuhan Pekanbaru, Perawang, Dumai, Belawan dan Pelabuhan Batam maupun di Kantor Dinas Perhubungan setempat, peserta membawa Kartu Keluarga dan Identitas Diri (KTP).

ACS Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami mengatakan, Program Mudik Gratis Bareng Pelindo I ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke kampung halaman masing-masing dengan moda transportasi darat maupun laut, hingga sampai ke kota tujuan.

“Program mudik gratis ini juga merupakan salah satu Program BUMN Hadir untuk Negeri, di mana melalui program ini masyarakat luas dapat semakin merasakan manfaat yang diberikan oleh Pelindo I,” ujar Fiona.

Selain menggelar Program Mudik Gratis, Pelindo I juga menyiapkan Angkutan Lebaran dalam menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2017. Kesiapan ini dilakukan dengan pemantauan pada 8 cabang pelabuhan, yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan.

“Kami berkomitmen menyiapkan dan menjaga seluruh fasilitas agar selalu siap untuk dipergunakan demi kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini. Selain itu, kami juga memastikan keamanan dan keselamatan penumpang melalui koordinasi dengan pihak-pihak terkait, dalam rangka mewujudkan zero accident pada Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini,” tandas Fiona.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6169 seconds (0.1#10.140)