Jadikan RI Market Regional Hub Perdagangan Karbon, Luhut Ungkap PR-nya

Selasa, 26 September 2023 - 11:27 WIB
loading...
Jadikan RI Market Regional Hub Perdagangan Karbon, Luhut Ungkap PR-nya
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Indonesia harus menjadi market regional hub perdagangan karbon agar tersedia unit karbon sesuai dengan standar internasional. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, Indonesia harus menjadi market regional hub perdagangan karbon agar tersedia unit karbon sesuai dengan standar internasional. Demikian diungkapkannya saat peluncuran Bursa Karbon Indonesia atau Indonesia Carbon Exchange (IDXCarbon) di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (26/9/2023).

"Kita harus menjadi market regional hub agar tersedia unit karbon sesuai dengan standar internasional dan kita bekerja dengan standar internasional dan perlu percepatan pengaturan muncur recognizion agar proses registrasi agar lebih cepat," jelasnya.



Dalam kesempatan ini Luhut pun mengakui bahwa masih ada beberapa pekerjaan yang juga harus diselesaikan, termasuk soal peta jalan perdagangan karbon sektor dan pajak karbon .

"Kami segera tuntaskan ini berangkat dari ratas yang lalu, Permen LHK, Penyelenggaraan NDC dan Permen LHK perdagangan karbon luar negeri, PMK pajak karbon yang ini kami kawal jangan lari dari hasil keputusan ratas yang lalu," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Bursa Karbon Indonesia atau Indonesia Carbon Exchange (IDXCarbon) di Main Hall Bursa Efek Indonesia, hari ini, Selasa (26/9/2023).



"Dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Bursa Karbon Indonesia atau Indonesia Carbon Exchange (IDXCarbon) saya luncurkan pada hari ini," jelas Jokowi dalam sambutannya.

Kepala Negara mengucapkan selamat kepada OJK (Otoritas Jasa Keuangan), BEI (Bursa Efek Indonesia) dan Kementerian terkait atas peluncuran bursa karbon pertama di Indonesia. Ia mengatakan, setelah diluncurkannya IDXCarbon, maka dimulainya juga perdagangan karbon di Indonesia.

"Ini adalah kontribusi nyata Indonesia untuk berjuang bersama dunia untuk melawan krisis iklim, melawan krisis perubahan iklim. Dimana hasil dari perdagangan ini akan reinvestasi kembali pada upaya menjaga lingkungan khususnya melalui pengurangan emisi karbon," ucap Jokowi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)