Perjalanan Awal OJK Lahir dari Dua Mata Air

Senin, 12 Juni 2017 - 18:57 WIB
Perjalanan Awal OJK Lahir dari Dua Mata Air
Perjalanan Awal OJK Lahir dari Dua Mata Air
A A A
JAKARTA - Perjalanan awal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lahir dari dua mata air. OJK terlahir dari dua institusi yakni Bank Indonesia (BI) dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad mengatakan, awalnya pegawai OJK paling banyak berasal dari BI. Waktu itu, struktur organisasi belum langsung terbentuk.

"Pegawai 1.200 dari BI, 800 dari Bapepam-LK, dua sumber mata air kita gabung. Belum punya tata kerja struktur kepegawaian, aturan BI dan Kementerian Keuangan beda-beda," ujarnya di Jakarta, Senin (12/6/2017).

Belum adanya struktur organisasi membuat anggota dewan komisioner membentuk pola sendiri. Tidak ikut dengan BI maupun Kementerian Keuangan.

"Dengan demikian, kita susun baru tak ikut BI, tak ikut Kementerian Keuangan. Kita buat struktur OJK kita ambil kira-kira yang fit dengan kebutuhan OJK," kata Muliaman.

Menurutnya, ketika struktur organisasi yang dinanti sudah jadi, maka Muliaman menjelaskan semua yang terkait jabatan sudah jelas sistemnya. Selanjutnya, OJK segera membangun kantor cabang di beberapa wilayah di Indonesia.

"Persyaratan jabatan promosi dan mutasi juga jadi, semua selesai dan kita resmikan 35 kantor OJK di Tanah Air. Intinya, perjalanan panjang, saya berterima kasih semangat bawa organisasi baru ini di tengah keterbatasan SDM, sekarang pegawai sudah 4.000 orang," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8582 seconds (0.1#10.140)