Tambah 50 Pesawat, Lion Air Dinilai Jeli Baca Tren Penerbangan

Senin, 19 Juni 2017 - 20:35 WIB
Tambah 50 Pesawat, Lion Air Dinilai Jeli Baca Tren Penerbangan
Tambah 50 Pesawat, Lion Air Dinilai Jeli Baca Tren Penerbangan
A A A
JAKARTA - Langkah Lion Air menambah armada baru dengan membeli 50 Pesawat Boeing 737 MAX series di Paris Airshow tahun ini dinilai sangat jeli. Di mana armada Lion Air semakin kuat dan menjadi tanda perusahaan siap go public.

Kaukus Rakyat Konsumen Jasa Penerbangan, Fahrizal FAN mengemukakan, perhintungan Lion Air menambah 50 Boeing 737 Max merupakan bagian pesanan Lion Air sebanyak 201 pesawat Boeing 737 Max pada 2011 senilai USD21,7 miliar. Di mana Lion mendapatkan kredit Ekspor dari bank di Amerika dengan bunga rendah sehingga bisa menghasilkan biaya operasi efisien dan membuat harga tiket bisa bersaing dengan airlines domestik/internasional.

Selain itu, Boeing 737 MAX merupakan varian baru dari pesawat legendaris Next Generation 737. Mesin baru pada pesawat ini memiliki keandalan sekaligus kenyamanan. Di mana Boeing 737 MAX menggunakan mesin yang efisien bahan bakar dan aman.

"Bagi maskapai yang menggunakan 737 MAX bakal merasakan ada penghematan BBM sebesar 10 - 12% serta menghemat biaya operasional sebesar 7%," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Senin (19/6/2017).

Dia mengungkapkan, kejelian Lion air mendatangkan 50 pesawat Boeing 737 Max juga tak lepas dari terus meningkatnya industri penerbangan nasional dari tahun ke tahun. Apalagi saat ini pertumbuhan ekonomi cukup baik.

Selama ini sektor transportasi adalah penopang pertumbuhan ekonomi domestik, serta tuntutan konsumen untuk on time performance dan kenyamanan mengunakan maskapai penerbangan.

"Kaukus Rakyat Konsumen Jasa Penerbangan menilai bahwa Lion Air selama ini mendengar selera Anggota kami dalam mengunakan jasa penerbangan berbasis low cost carrier, dan tentu saja kami harap Lion air terus meningkatkan pelayanan dan keamanan serta keselamatan yang sudah baik saat ini," kata Fahrizal.

Menurutnya, langkah Lion Air ini bisa membuat airline lain di regional dan domestik sulit mengejar ketinggalan. Selain itu, langkah membeli Boeing 737 Max menandakan manajemen Lion Air bersiap untuk melakukan go public.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4160 seconds (0.1#10.140)