Wapres: Industri Halal Indonesia Jangan Kalah dari Brasil

Selasa, 03 Oktober 2023 - 21:46 WIB
loading...
Wapres: Industri Halal Indonesia Jangan Kalah dari Brasil
Wapres Maruf Amin optimistis Indonesia menjadi pusat produsen halal terbesar dunia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin optimistis Indonesia menjadi pusat produsen halal terbesar dunia. Apalagi, Indonesia menjadi salah satu negara dengan mayoritas muslim terbesar.

Wapres pun mengatakan jangan sampai Indonesia kalah oleh Brasil yang kini juga ingin menjadi pusat produsen halal dunia padahal muslim menjadi minoritas.

"Indonesia ingin menjadi produsen halal terbesar di dunia. Ini yang harus kita, masa kita kalah oleh Brasil yang muslimnya minoritas," ungkap Wapres saat menghadiri Pengukuhan Pengurus KDEKS Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (3/10/2023).



Lebih lanjut, Wapres pun mendorong peran penting KDEKS dalam pengembangan ekosistem syariah yang mengutamakan potensi unggulan daerah dapat berjalan secara berkelanjutan. Wapres tak lupa menyampaikan tiga pesan penting untuk mengembangkan potensi unggulan ekonomi syariah di daerah. "Pertama, gali dan kembangkan beragam potensi unggulan ekonomi syariah yang dapat menjadi pertumbuhan wilayah," tegas Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan, keunggulan daerah ini tidak hanya berpusat pada sumber daya pangan saja. Khususnya di Sulawesi Tengah, sumber daya lokal, seperti mineral, kelautan dan pariwisata juga harus dimanfaatkan dengan memperhatikan keberlanjutan sumber daya tersebut. Dengan demikian, diperlukan program kerja yang terstruktur baik langkah dan targetnya agar dapat dilaksanakan dengan baik. "Kedua, susun program yang komprehensif dan terstruktur dan diimplementasikan dengan baik," papar Wapres.



Program ini, tambahnya, selain untuk mengembangkan ekosistem syariah juga harus memberikan sumbangsih nyata dalam beragam persoalan pembangunan, seperti pengentasan kemiskinan ekstrem dan pembangunan daerah tertinggal di wilayah setempat. "Ketiga, pastikan keberlanjutan agenda pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dengan memasukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulawesi Tengah," tutur Wapres.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)