Berkat Hilirisasi, Sandiaga Uno Sebut Ekonomi 2 Provinsi Tumbuh Fenomenal

Kamis, 05 Oktober 2023 - 22:05 WIB
loading...
Berkat Hilirisasi, Sandiaga Uno Sebut Ekonomi 2 Provinsi Tumbuh Fenomenal
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara MNC Forum 27nd, di MNC Conference Hall, Jakarta, Kamis (5/10/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, berkat hilirisasi ekonomi 2 provinsi berhasil tumbuh fenomenal. Adapun dua provinsi itu di antaranya Maluku Utara dan Sulawesi Tengah.

"Bukti daripada industrialisasi dan hilirisasi itu riil. Ada dua provinsi dengan pertumbuhan fenomenal," ujar dia dalam acara MNC Forum 72nd, di MNC Conference Hall, Jakarta, Kamis (5/10/2023).



Sandiaga menjelaskan, bahwa Maluku Utama berhasil mencetak pertumbuhan ekonomi mencapai 27% per tahun. Selain itu, dari semua matriks yang dilakukan, provinsi tersebut merupakan wilayah dengan tingkat kebahagiaan tertinggi.

Provinsi ini, lanjut dia juga dinilai dengan angka pengangguran terendah, angka kemiskinan yang terendah. Dan provinsi dengan tingkat inflasi yang juga menjadi yang terendah.

Sementara, untuk Sulawesi Tengah, provinsi Sandiaga menyebut wilayah ini lebih memfokuskan pada hirilisasi. Yang mana suatu proses transformasi ekonomi berkelanjutan, di mana kebijakan industrialisasi berbasis komoditas bernilai tambah tinggi, menuju struktur ekonomi yang lebih kompleks.

"Nah, oleh karena itu, kalau kita mau, bisa. Ini kebetulan dua provinsi yang menunjukkan dengan konsep kita, hilirisasi dan industrialisasi bisa mencapai pertumbuhan yang besar," terangnya.



Selanjutnya, untuk ekonomi matriks dapat mengimbanginya dengan keberlanjutan lingkungannya, sustainability, dan juga indeks pembangunan manusia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)