BI: Pentingnya Riset untuk Rumuskan Kebijakan

Kamis, 03 Agustus 2017 - 05:32 WIB
BI: Pentingnya Riset untuk Rumuskan Kebijakan
BI: Pentingnya Riset untuk Rumuskan Kebijakan
A A A
JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Erwin Rijanto mengatakan riset merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perumusan kebijakan di bank Sentral.

Perumusan kebijakan berdasarkan riset (research based policies) akan meningkatkan kualitas kebijakan serta menambah kredibilitas dan wibawa lembaga, yang pada akhirnya akan berpengaruh positif pada peningkatan efektifitas kebijakan.

Erwin berujar, tantangan perekonomian dan sektor keuangan semakin kompleks. Menurutnya, pasar keuangan global yang semakin terintegrasi dan pertumbuhan produk pasar keuangan yang semakin cepat pada gilirannya tidak saja menyebabkan dampak risiko krisis yang makin besar tapi juga makin sering terjadi.

"Bahkan dapat merambat ke Indonesia meski tidak memiliki keterkaitan hubungan fundamental ekonomi yang kuat," kata dia, Rabu (2/8/2017).

Penguatan fungsi riset diharapkan dapat merespons berbagai dinamika yang terjadi, yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi bagi efektivitas kebijakan yang ditempuh.

Dalam seminar riset “Mengawal Sektor Riil, Menjaga SSK” pada Rabu (2/8), dibahas beberapa hasil penelitian untuk mendukung kebijakan Stabilitas Sistem Keuangan seperti kajian kebijakan makroprudensial di bidang properti, potensi penerapan sekuritisasi aset kredit UKM dan kajian merancang model-model wakaf produktif.

Mengakhiri kegiatan seminar, diselenggarakan pula forum diskusi dengan anggota Forum Riset Stabilitas Keuangan (FRSK). FRSK adalah forum jejaring sebagai media diskusi antara Bank Indonesia dengan para ahli dan pakar ekonomi dan keuangan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5154 seconds (0.1#10.140)