Aset Rusia Diperas Negara Uni Eropa, Hasilnya Rp28 Triliun Diberikan ke Ukraina

Minggu, 15 Oktober 2023 - 20:40 WIB
loading...
Aset Rusia Diperas Negara Uni Eropa, Hasilnya Rp28 Triliun Diberikan ke Ukraina
Negara Uni Eropa ini akan mengirimkan pendapatan pajak yang dihasilkan dari aset Rusia yang dibekukan ke Ukraina, dimana dananya mencapai USD1,8 miliar atau setara Rp28 triliun. Foto/Dok
A A A
BRUSSELS - Belgia akan mengirimkan pendapatan pajak yang dihasilkan dari aset Rusia yang dibekukan ke Ukraina . Hal ini disampaikan oleh Perdana Menteri Belgia, Alexander De Croo usai bertemu dengan Presiden Ukraina, Vladimir Zelensky pada tengah pekan lalu di Brussels.



Keuntungan senilai USD1,8 miliar atau setara Rp28 triliun (Kurs Rp15.583 per USD) yang dihasilkan dari dana Rusia hasil sitaan, bakal diserahkan ke Kiev mulai tahun depan dan bakal dihabiskan untuk membeli peralatan militer, dukungan kemanusiaan, dan rekonstruksi, seperti diungkapkan De Croo.



Rumah bagi NATO dan markas Uni Eropa (UE) , Belgia JUGA berjanji untuk mengirim jet tempur F-16 ke Ukraina pada tahun 2025 dan memberikan pelatihan kepada personel Ukraina.

Setelah pertemuan dengan De Croo, Zelensky menulis di saluran Telegramnya bahwa ia membahas cara-cara "bagaimana aset Rusia yang dibekukan dapat digunakan sekarang, tanpa membuang waktu, untuk mengkompensasi kerusakan".

Ia juga berterima kasih kepada para pemimpin Belgia atas apa yang dilakukan terkait pembekuan aset yang menurutnya sebagai sikap berprinsip.

Pada bulan Juli, sebuah lembaga kliring utama Uni Eropa, Euroclear yang berbasis di Belgia, mengungkapkan bahwa dari 2,28 miliar euro yang diperolehnya pada paruh pertama tahun 2023. Ia meraup keuntungan lebih dari 1,7 miliar euro dari aset Rusia yang dibekukan.

Dalam laporan keuangan selama enam bulan pertama tahun ini, Euroclear mengungkapkan, "pertumbuhan substansial dalam pendapatan operasional" sebagian didorong oleh "pendapatan bunga yang lebih tinggi, termasuk kenaikan material terkait dengan penerapan sanksi internasional terhadap Rusia." Pendapatan Euroclear tidak termasuk aset Rusia, berjumlah 538 juta euro.

Diperkirakan Euroclear memiliki aset Rusia senilai 196,6 miliar euro, yang sebagian besar dimiliki oleh bank sentral negara itu. Uni Eropa sendiri tercatat telah membekukan aset dan cadangan Rusia senilai 207 miliar euro sejak awal operasi militer Moskow di Ukraina.

Sementara itu Brussels juga terus mencari cara-cara untuk menggunakan hasil dari dana Rusia yang dibekukan untuk menutupi biaya rekonstruksi di Ukraina setelah konflik.

Pada bulan September, Bloomberg melaporkan bahwa para pejabat Uni Eropa menjadwalkan diskusi untuk menguraikan rencana blok tersebut untuk mengenakan pajak rejeki nomplok atas keuntungan yang dihasilkan dari aset yang tidak bergerak.

Dana bank sentral Rusia yang diblokir di UE diperkirakan akan menghasilkan sekitar 3 miliar euro yang disebut sebagai keuntungan tak terduga.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1893 seconds (0.1#10.140)