Menilik Potensi Ekonomi Limbah Kelapa Sawit Jadi Co-Firing Biomassa

Selasa, 17 Oktober 2023 - 07:38 WIB
loading...
A A A
Pemanfaatan limbah sawit sebagai bahan baku co-firing biomassa ini diapresiasi Ketua Umum Masyarakat Energi Biomassa Indonesia (MEBI) Milton Pakpahan. Hal senada diungkapkan Ketua Masyarakat Ketenegalistrikan (MKI) Kalimantan Barat M Ariyanto. Dia mengatakan, sumber daya tandan kosong kelapa sawit sangat melimpah, khususnya di wilayah Kalimantan Barat.



Dalam risetnya yang menggandeng Universitas Tanjungpura, Ariyanto membuktikan manfaat tandan kosong kelapa sawit sebagai bahan baku co-firing biomassa. "Alhamdulillah, setelah empat tahun akhirnya kami bisa memproduksi pellet dari tandan kosong kelapa sawit," jelas Ariyanto.

Banyaknya sumber tandan kosong yang ada di Kalimantan Barat di dukung oleh keberadaan pabrik kelapa sawit dengan potensi sebanyak 170 ton per harinya. Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Universitas Tanjungpura Junaidi menambahkan, dari percobaan yang dilakukan pihaknya dan PT EKN, tandan kosong yang semula limbah kini bernilai ekonomi. "Semoga ke depan kapasitas produksinya bisa semakin ditingkatkan," tandasnya.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)