PLN UIP JBB-Kejati Banten Kawal Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan

Selasa, 17 Oktober 2023 - 15:11 WIB
loading...
PLN UIP JBB-Kejati Banten Kawal Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan
Rapat kerja PLN UIP JBB-Kejaksaan Tinggi Banten dalam rangka mengawal pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan Banten. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) menggandeng Kejaksaan Tinggi Banten guna menyukseskan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di Provinsi Banten. Pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini, selain untuk memenuhi kebutuhan listrik dan juga meningkatkan keandalan sistem kelistrikan, juga berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Banten.

PLN UIP JBB-Kejati Banten menggelar rapat kerja pembahasan progress dan kendala pengadaan tanah untuk pembangunan jaringan Gardu Induk (GI) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilovolt (kV). Beberapa proyek yang dibahas dalam rapat kerja yang digelar di Bandung 5-7 Oktober 2023 itu adalah SUTT 150 kV Tanjung Lesung-Menes; SUTT 150 kV Serang Selatan/Baros-Serang; dan Gardu Induk Serang Selatan/Baros.



General Manager PLN UIP JBB Octavianus Padudung mengungkapkan, kendala yang sering dihadapi dalam pengadaan tanah antara lain sengketa ahli waris, pemilik tanah yang tidak diketahui keberadaannya, banyaknya proses jual beli di bawah tangan, serta hilangnya bukti kepemilikan oleh pemilik.



"Sejak proses pelaksanaan pengadaan tanah dan kompensasi right of way (ROW) dalam pembangunan jaringan Gardu Induk dan SUTT 150 kV ini dibantu oleh Kejaksaaan Tinggi, setiap langkah PLN UIP JBB menjadi semakin lancar, karena selalu mendapatkan pendampingan dan pertimbangan hukum dalam setiap tahapannya," ujar Padudung dalam keterangan tertulis, Selasa (17/10/2023).

Dengan adanya monitoring secara berkala oleh Kejaksaan Tinggi, lanjut dia, PLN UIP JBB berharap dapat meminimalisir kendala hukum yang ada. Dengan begitu, pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah banten dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)