Berbincang dengan Penerima LPDP di Jerman, Menko PMK: Belajar Juga Soal Etos Kerja Negara Maju

Selasa, 17 Oktober 2023 - 12:16 WIB
loading...
Berbincang dengan Penerima LPDP di Jerman, Menko PMK: Belajar Juga Soal Etos Kerja Negara Maju
Menko PMK Muhadjir Effendy berkunjung ke Kota Bonn, Jerman untuk meninjau dan berbincang dengan para mahasiswa Indonesia penerima beasiswa LPDP. Foto/Dok
A A A
BONN - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK ) Muhadjir Effendy berkunjung ke Kota Bonn, Jerman untuk meninjau dan berbincang dengan para mahasiswa Indonesia penerima beasiswa LPDP mengenai kondisi perkuliahan yang sedang dijalani dan rencana ke depan seusai tamat dari bangku perkuliahan.



Muhadjir yang juga selaku Ketua Dewan Penyantun LPDP mengatakan, setelah para mahasiswa dinyatakan lulus dari perguruan tingginya masing-masing diharapkan dapat membawa ‘oleh-oleh’ selama belajar di ‘negeri panzer’ untuk turut membantu pertumbuhan dan perkembangan bangsa Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

“Kalian (mahasiswa) sebagai generasi calon penerus peradaban bangsa mengembang misi yang berat di sini. Semoga ketika pulang (ke Indonesia) nanti memiliki langkah taktis dan sumbangsih yang akan diberikan untuk kemajuan bangsa Indonesia,” ucap Muhadjir.



Muhadjir juga turut memberikan penjelasan mengenai perubahan global yang terjadi sangat cepat dan kompleks. Hal itu dibarengi dengan volatilitas yang tinggi dan situasi yang sangat sulit diprediksi.

Oleh karena itu, Muhadjir berpesan agar momentum pembelajaran berharga yang sedang ditempuh oleh para mahasiswa di Jerman dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Terlebih Jerman memiliki sejarah pertumbuhan yang sangat panjang sebelum menjadi negara maju.

“Jangan hanya belajar soal ilmu, jangan hanya belajar soal teknik, tetapi juga belajar tentang etos kerja , standar moral dan etika yang diberlakukan di negara ini yang telah diakui sebagai negara maju,” ucap Muhadjir setelah mendengarkan berbagai macam ungkapan yang disampaikan oleh para mahasiswa.

Selain itu, Muhadjir mengatakan pemerimtah Indonesia saat ini juga terus berupaya penuh menyelesaikan segala bentuk masalah yang belum terselesaikan, seperti indeks pembangunan manusia yang masih perlu ditingkatkan, penanganan angkatan kerja yang belum seimbang dengan lapangan kerja, prevalensi stunting hingga kemiskinan ekstrem.

Kendati demikian, Muhadjir menggambarkan bahwa sejumlah masalah itu telah mendapati tren positif melalui berbagai macam kebijakan yang disusun dalam program strategis nasional. Tren positif tersebut sedang terus dikontrol oleh pemerintah agar terus konsisten hingga mencapai target-target yang ditetapkan.

“Permasalahan ini sedang didorong solusinya oleh pemerintah. Namun, upaya-upaya ini juga nantinya perlu diteruskan oleh kalian ketika menjadi bagian dari pemimpin bangsa,” imbuhnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6347 seconds (0.1#10.140)