Dana LPDP Capai Rp139,1 Triliun, Sri Mulyani ke Presiden Jokowi: Kita Akan Terus Memupuk

Kamis, 03 Agustus 2023 - 19:04 WIB
loading...
Dana LPDP Capai Rp139,1 Triliun, Sri Mulyani ke Presiden Jokowi: Kita Akan Terus Memupuk
Menkeu, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kini mengelola dana mencapai Rp139,1 triliun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan atau Menkeu, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, Badan Layanan Umum (BLU) Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( LPDP ) kini mengelola dana mencapai Rp139,1 triliun. Sri Mulyani mengaku bangga, lantaran 11 tahun lalu, LPDP baru dimulai dengan dana Rp1 triliun.

"Ini Pak Presiden, kita akan terus memupuk dana anggaran ini," ujar Sri dalam Acara Puncak LPDP Festival 2023 di Jakarta, Kamis (3/8/2023).



Sampai dengan hari ini, LPDP telah menyekolahkan dan memberikan beasiswa kepada 40.174 putra-putri terbaik. Ini adalah beasiswa yang terhitung murni LPDP. Kalau dengan Kemendikbud Ristek tercatat sebesar 159.752 penerima.

"Untuk Kementerian Agama, pemain baru tapi agresif, sekarang ada 20.089 penerima. Jadi total penerima beasiswa LPDP itu sekarang kira-kira 200 ribu sedang menerima beasiswa," ungkap Sri Mulyani.



Tak hanya itu, LPDP juga memberikan dana penelitian dan riset, telah diberikan kepada 2.426 proyek riset yang didanai oleh LPDP.

"Kami mohon Bapak Presiden bisa melihat di luar ya bapak, karya-karya luar biasa dari anak-anak bangsa. Ada mobil listrik, bus listrik, motor listrik, kereta cepat, semuanya menjadi pusat perhatian, dan juga dari sisi budaya dan bahkan dari sisi kesehatan," kata Sri Mulyani.

Adapun LPDP Festival 2023 yang puncaknya digelar pada hari ini bertemakan 'Enlivening Indonesia, Advancing the Nation'. "Bahasa Inggrisnya saja susah, bapak Presiden. Bahasa Indonesianya kira-kira adalah 'Nyala Terang Kemajuan Bangsa Indonesia'," tambah Sri.

Dia mengatakan, ini merupakan sebuah acara untuk menunjukkan bahwa Indonesia telah memiliki generasi-generasi muda yang makin bisa dibanggakan, makin bisa menjadi andalan Indonesia untuk maju menjadi negara maju, dan menghindari middle income trap.

"Kalianlah yang akan memegang tongkat estafet dan menjaga Indonesia. Terima kasih kepada semangat Anda semuanya," pungkas Sri Mulyani.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3787 seconds (0.1#10.140)