Skandal Pencucian Uang, Singapura Bakal Inspeksi Credit Suisse Cs

Kamis, 19 Oktober 2023 - 07:36 WIB
loading...
Skandal Pencucian Uang, Singapura Bakal Inspeksi Credit Suisse Cs
Otoritas Moneter Singapura (MAS) akan memeriksa Credit Suisse Group AG terkait pencucian uang. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Otoritas Moneter Singapura (MAS) akan memeriksa Credit Suisse Group AG, yang kini berada di bawah payung UBS Group AG (SIX: UBSG), bersama dengan bank-bank lain yang terlibat dalam investigasi pencucian uang.

Inspeksi merupakan bagian dari penyelidikan lebih besar yang telah menyita lebih dari USD2 miliar atau Rp31,6 triliun dari para tersangka pelaku pencucian uang asal China.



Titik fokus dari investigasi ini adalah Vang Shuiming, yang dilaporkan memiliki sejumlah besar uang di bank-bank tersebut. Mengutip Investing.com, pihak berwenang sedang memeriksa hubungan potensial antara terdakwa dan kantor keluarga.

MAS akan memeriksa prosedur pemantauan nasabah, potensi eksposur terhadap para tersangka, dan pengajuan laporan transaksi yang mencurigakan di bank-bank tersebut.



Menteri Negara Alvin Tan mengungkapkan keprihatinannya atas aset keuangan yang disita. Sementara itu, Menteri Komunikasi Josephine Teo mengungkapkan bahwa investigasi dimulai pada 2021 setelah adanya laporan transaksi yang mencurigakan.

Ini bukan pertama kalinya Credit Suisse berada di bawah pengawasan MAS. Bank ini sebelumnya pernah diperiksa pada tahun 2017 terkait saga 1MDB.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)