Belanja di Singapura Makin Mudah, Bisa Pakai QRIS Bulan Depan

Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:28 WIB
loading...
Belanja di Singapura Makin Mudah, Bisa Pakai QRIS Bulan Depan
Bank Indonesia (BI) terus mendorong digitalisasi sistem pembayaran dengan memperluas QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) ke beberapa negara ASEAN, terbaru yakni Singapura. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) terus mendorong digitalisasi sistem pembayaran dengan memperluas QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) ke beberapa negara ASEAN. Gubernur BI, Perry Wariyo menyebutkan, QRIS akan diimplementasikan juga di Singapura .

"QRIS Insya Allah bulan November akan diimplementasikan dengan Singapura," ungkap Perry dalam Konferensi Pers RDG BI di Jakarta, Kamis (19/10/2023).



Perry mengatakan, dengan demikian implementasi QRIS bisa digunakan di 3 negara, yakni di Malaysia, Singapura, dan Thailand.m"Kemana-mana, kawan-kawan tinggal bawa HP bisa menggunakan QRIS di 3 negara ini untuk transaksi ritel dan ini mendorong UMKM di Indonesia dan UMKM di kawasan ini mendorong pertumbuhan untuk konsumsi domestiknya," ungkap Perry.

Dia mengatakan sekali lagi bahwa QRIS antarnegara akan diluncurkan bulan depan dan nantinya juga diperluas dengan negara ASEAN yang lain. "Semua ini kami lakukan untuk memperkuat ketahanan eksternal dari dampak dinamika global sehingga stabilitas terjaga dan pertumbuhan ekonomi masih on track," sambung Perry.



Dalam kesempatan yang sama, Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta menyebut bahwa kerja sama transaksi cross-border dengan Singapura ditargetkan akan terlaksana di November 2023.

"Untuk Local Currency Transaction (LCT), puji Tuhan, Jepang semakin bagus dan juga dengan negara lain termasuk di kawasan Asia dengan Malaysia dan China terus meningkat. Dan langkah-langkah ke depan juga BI akan memperluas implementasi LCT," ungkap Filianingsih.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)