Program Hilirsasi dan IKN Jadi Flagship Pasangan Ganjar-Mahfud

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 20:07 WIB
loading...
Program Hilirsasi dan IKN Jadi Flagship Pasangan Ganjar-Mahfud
Andi Widjajanto (tengah) mengatakan program hilirisasi dan IKN jadi flagship pasangan Ganjar-Mahfud. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Andi Widjajanto mengatakan, program strategis yang sudah dirancang oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mulai dari hilirisasi sumber daya alam (SDA) hingga pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan dilanjutkan dan jadi flagship dari Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD.



Menurutnya tidak hanya dilanjutkan, namun juga akan dilakukan percepatan sehingga bisa tercapai Indonesia Unggul. Seperti diketahui, pasangan pilpres 2024 itu memiliki visi menuju Indonesia Unggul dengan delapan Misi Gerak Cepat.

"Hampir semua delapan gerak cepat ini didiskusikan secara serius dengan menteri dan kepala lembaga yang terkait di dalam forum-forum akademik yang selama ini kami lakukan. Dari situ teman-teman bisa membaca bagaimana narasi yang kami lakukan selama ini dengan pemerintah di bawah Presiden Joko Widodo," kata Andi dalam konferensi pers di Media Center TPN, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Andi menjelaskan program hilirisasi menjadi andalan sebab ia yakin program hilirisasi harus dilakukan supaya nilai pertumbuhan ekspor Indonesia bisa menjadi signifikan.

Sementara pembangunan IKN juga tak kalah penting. Selain jadi ibu kota baru, IKN nantinya menjadi hub-hub penting bagi konektivitas biru, konektivitas maritim, dan menjadi hub penting untuk memulai transisi energi.

"Diharapkan energi yang ada di IKN itu berasal dari energi hijau yang kemudian IKN juga menjadi simbol bagaimana nanti kita melakukan transformasi pertahanan kita betul-betul harus mengerahkan pertahanan modern," ujarnya.



"Kami yang mengusulkan ketahanan juga dengan istilah 5.0 yang nanti dimulai dari peletakan IKN sebagai center of gravity indonesia," pungkas Andi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)