Tips Membangun Rumah dari Nol Agar Hasilnya Memuaskan

Rabu, 05 Agustus 2020 - 12:52 WIB
loading...
A A A
"Pemilik rumah hanya cukup menyampaikan keinginan dan kemampuan anggaran. Sisanya arsitek yang akan merencanakan desain rumah sesuai kemampuan dan keinginan pemilik rumah," tuturnya.

Dengan kesepakatan kontrak tertentu, arsitek akan membantu mengawasi proses pembangunan sehingga tidak perlu repot mengawasi tukang. (Baca juga: Batu Hitam yang Diduga Meteor dan Timpa Rumah Warga Ditawar Rp1 Miliar)

Menggunakan jasa arsitek untuk desain akan menjadi lebih mahal. Terkadang arsitek juga terlalu idealis sehingga mereka akan lebih persuasif terhadap pemilik rumah untuk mengikuti idealismenya. Fahmy mengingatkan, memilih arsitek juga harus melihat karakternya agar cocok bekerja sama dengan pemilik rumah untuk mewujudkan rumah impian.

Beberapa arsitek juga memiliki desain yang sangat detail dan tidak umum, sehingga untuk mewujudkannya butuh kontraktor atau tukang yang tepat. Jika sudah begini, anggarannya akan lebih tinggi. Tetapi yang terpenting semua harus dibicarakan terlebih dahulu dengan arsitek. (Lihat videonya: Menghindari Tabrakan Sebuah Mobil Tercebur ke Laut)

Terakhir, pemilik rumah dapat mempekerjakan paket arsitek dan kontraktor sekaligus karena dapat semakin memudahkan koordinasi dalam pembangunan. Mereka sudah berada dalam tim yang sama sehingga minim konflik. (Ananda Nararya)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)