Permintaan Minyak Global Diramalkan Capai Puncaknya Dekade Ini

Rabu, 25 Oktober 2023 - 03:05 WIB
loading...
Permintaan Minyak Global Diramalkan Capai Puncaknya Dekade Ini
Permintaan minyak secara global diperkirakan bakal mencapai puncaknya pada dekade ini. Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA) mengungkapkannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Permintaan minyak secara global diperkirakan bakal mencapai puncaknya pada dekade ini. Badan Energi Internasional ( International Energy Agency/IEA ) mengungkapkan, prediksinya tersebut di tengah meningkatnya popularitas mobil listrik dan pemulihan ekonomi China .



Dunia akan mengkonsumsi sebanyak 102 juta barel per hari minyak pada akhir 2020-an, dengan volume mengalami penurunan menjadi 97 juta barel per hari pada pertengahan abad ini. Kasus ini disebut sebagai 'Stated Policies Scenario', yang disampaikan dalam World Energy Outlook tahunan IEA.

"Transisi ke energi bersih terjadi di seluruh dunia dan itu tak terbendung," kata Direktur Eksekutif IEA, Fatih Birol dalam sebuah pernyataan dikutip dari Bloomberg.



"Klaim bahwa minyak dan gas mewakili pilihan yang aman atau terjamin untuk masa depan energi dan iklim dunia terlihat lebih lemah dari sebelumnya," lanjutnya.

Permintaan minyak di industri petrokimia, penerbangan dan perkapalan akan terus meningkat hingga 2050. Akan tetapi hal itu tidak cukup mengimbangi permintaan yang lebih rendah dari transportasi di tengah "kenaikan luar biasa dalam penjualan kendaraan listrik," kata IEA.

China yang selama bertahun-tahun mendorong pertumbuhan konsumsi minyak mentah global, akan melihat nafsu makannya melemah selama beberapa tahun ke depan, dengan total konsumsi menurun dalam jangka panjang, menurut laporan itu.

Konsumsi minyak global akan mengikuti jalur yang sama dengan permintaan hidrokarbon lainnya. "Kami berada di jalur untuk melihat semua bahan bakar fosil memuncak sebelum 2030," kata IEA.

Ini adalah pertama kalinya semua skenario yang disusun oleh badan yang berbasis di Paris untuk pasar energi global menunjukkan penurunan jangka pendek dalam konsumsi hidrokarbon. Kasus dasar IEA itu mencerminkan, kebijakan energi yang saat ini dialami oleh pemerintah di seluruh dunia dan konsekuensi berkelanjutan dari krisis energi tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3989 seconds (0.1#10.140)