Ini Saatnya Memiliki Rumah Pertama

Rabu, 05 Agustus 2020 - 14:15 WIB
loading...
A A A
Berbeda dengan pengembang yang hanya menyediakan tanah kaveling, aturan mereka tidak seketat pengembang yang sudah menyediakan ready stock house with design. Anda hanya membeli tanah, kemudian mendesain sendiri bangunannya. Namun, tidak banyak pengembang yang seperti ini karena keuntungan pengembang didapat dari mereka menjual tanah beserta bangunan rumah.

Membeli rumah jadi berarti menerima desain atau letak ruangan sesuai tipe rumah yang dibeli. Namun, ada banyak cara menyiasati agar rumah desain dari pengembang tetap sesuai keinginan Anda. (Baca juga: Industri Rokok Dibunuh, Jutaan Pekerja Mau Ditaruh Dimana?)

Hunian di kompleks perumahan biasanya memiliki 2-3 kamar tidur, dapur, serta ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga. Perlu penataan ruang dari beberapa desainer interior untuk memaksimalkan fungsi ruang dengan adanya ruang yang bisa dimanfaatkan.

"Manfaatkan sekat partisi jika ingin memisahkan ruang tamu dan ruang belakang. Alasan privasi agar ketika ada tamu datang, aktivitas keluarga tidak terlalu terganggu," ungkap Site Engineer PT Tiga Adi Rekabangun ini.

Selain itu, dapat juga dibuat sliding glass door antara ruang tengah menuju taman belakang. Glass door ini akan membuat rumah terkesan lebih cerah dan luas. Untuk tipe perumahan kecil, Anda dapat mengandalkan furnitur yang minimalis sehingga tidak memakan ruang.

Sementara untuk bagian dapur, buat kitchen set yang dapat menampung semua kebutuhan menjadi satu di kabinet atas dan bawah sehingga rapi dan tetap menonjolkan estetika. Begitu juga dengan meja makan, sebaiknya menggunakan meja makan lipat sehingga ketika tidak dipakai dapat dilipat dan ditempelkan ke dinding secara vertikal. (Lihat videonya: Menghindari Tabrakan Sebuah Mobil Tercebur ke Laut)

Jangan lupa hadirkan nuansa alam di rumah. Jika tidak memiliki banyak lahan kosong, Anda dapat membuat vertical garden di area belakang sehingga rumah tampak lebih asri dan sejuk. (Ananda Nararya)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)