Perusahaan Penerbangan AS Sepakati Merger Senilai USD23 Miliar

Selasa, 05 September 2017 - 14:36 WIB
Perusahaan Penerbangan AS Sepakati Merger Senilai USD23 Miliar
Perusahaan Penerbangan AS Sepakati Merger Senilai USD23 Miliar
A A A
CONNECTICUT - Perusahaan multinasional asal Amerika Serikat (AS) yakni United Technologies Corp (UTC) yang menyuplai berbagai komponen industri penerbangan telah sepakat untuk membeli produsen interior pesawat terbang, Rockwell Collins Inc senilai USD23 Miliar. Merger yang diyakini bakal menjadi salah satu transaksi terbesar dalam sejarah penerbangan itu, diperkirakan rampung tahun depan.

Seperti dilansir BBC, Selasa (5/9/2017) penggabungan tersebut diyakini berpotensi mengguncang industri dirgantara karena akan memberikan UTC kekuatan negosiasi yang lebih besar dibandingkan dengan pembuat pesawat terbang seperti Boeing dan Airbus. Kedua perusahaan belakangan disebutkan telah mendorong para pemasok komponen, termasuk UTC untuk menurunkan harga mereka.

Dengan membuat lebih banyak komponen pesawat, analis memprediksi UTC akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk menahan tekanan dari perusahaan raksasa pembuat pesawat tersebut. Berdasarkan pernyataan bersama, Kepala Eksekutif UTC Greg Hayes akan tetap sebagai CEO perusahaan gabungan tersebut. "Akuisisi ini menambahkan kemampuan luar biasa untuk bisnis kedirgantaraan kami," ungkapnya.

Dia menambahkan penggabungan juga memperkuat penawaran UTC untuk melengkapi sistem kedirgantaraan berteknologi maju. Sementara Chairman, Presiden dan CEO Rockwell Kelly Ortberg akan menjalankan bisnis baru yang dikenal sebagai Collins Aerospace yang akan merupakan kombinasi beberapa sektor bisnis. Di sisi lain sebelum mencapai kesepakatan, harus ada persetujuan dari beberapa pihak serta terkait aturan.

UTC sendiri merupakan perusahaan yang membuat mesin jet Pratt & Whitney yang menjadi andalan maskapai kelas dunia seperti Airbus, Bombardier, Embraer dan pembuat pesawat lain. Sementara Rockwell Collins merupakan pemasok utama untuk Boeing, Airbus dan lain sebagainya.

Sementara seperti dilansir Reuters, United Technologies yang berbasis di Farmington, Connecticut akan membayar USD140 per saham untuk pembelian Rockwell Collins. Menurut UTC pembayaran dibagi atas USD93,33 per tunai dan USD46,67 per unit saham.

Harga akuisisi menyiratkan total nilai transaksi mencapai sebesar USD30 miliar, termasuk utang Rockwell Collins, dan total nilai ekuitas sebesar USD23 miliar. United Tech mengatakan, pihaknya berencana mendanai akuisisi tersebut lewat penerbitan surat utang dan merogoh kas.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3109 seconds (0.1#10.140)