PLN IP Ikut Tanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 17:06 WIB
loading...
PLN IP Ikut Tanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan
PLN Indonesia Power turut dalam penanggulangan bencana untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PLN Indonesia Power (IP) turut dalam penanggulangan bencana untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). PLN IP mengerahkan personel serta peralatan pendukung di wilayah Karhutla Sumatera Selatan, Kalimantan Barat serta di Jawa barat.

"Bantuan ini merupakan salah satu wujud aksi kepedulian korporasi kepada masyarakat serta upaya dalam menjaga keanekaragaman hayati di Tanah Air yang selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)," kata Sekretaris Perusahaan PLN IP Agung Siswanto dalam keterangannya, Sabtu (28/10/2023).



Pihaknya terjun langsung ke titik api Karhutla di kabupaten OKI, Sumatera Selatan pada 20 Oktober kemarin. "Ini merupakan perhatian PLN IP kepada masyarakat dan lingkungan khususnya di kota Palembang serta Kabupaten OKI khususnya yang terkena dampak Karhutla," ujarnya.

Di Sumatera Selatan ini, PLN IP melalui 3 unitnya UPDK Keramasan, PLTU Suralaya dan PLTU Lontar terjun memberikan bantuan berupa Centrifugal Pump dan Fire Pump Set. Di Kabupaten Garut, Jawa Barat, PLN IP Kamojang POMU bersama stakeholder terkait dan penggiat lingkungan serta pecinta alam terjun membantu mengatasi karhutla di area seluas 150 hektar tepatnya di sekitar kawasan Tegal Alun Gunung Papandayan.

PLN IP Kamojang POMU juga memberikan bantuan berupa peralatan pemadam api konvensional dan logistik. Sementara di Kalimantan Barat tepatnya di Kabupaten Bengkayang, PLN IP melalui UPK Singkawang mengerahkan 1 unit mobil damkar dengan kapasitas 3 ton dan mengerahkan personil dengan peralatan lengkap yang terbagi menjadi 3 shift yaitu pagi, siang dan malam.



Adapun sumber air diambil dari kolam penampungan PLTU bengkayang yang digunakan untuk pemadaman di Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Sementara, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK Sigit Reliantoro mengapresiasi upaya PLN Indonesia Power dalam membantu penanganan kebencanaan karhutla di beberapa wilayah di Indonesia.

"Ini merupakan upaya yang luar biasa terhadap penanganan kebencanaan. Semoga musibah kebakaran dan lahan di Indonesia dan Sumatera Selatan cepat selesai," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1767 seconds (0.1#10.140)