Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah

Jum'at, 03 November 2023 - 16:22 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah
MNC Sekuritas melalui aplikasi MotionTrade juga memfasilitasi transaksi saham syariah dan reksa dana syariah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas melalui aplikasi MotionTrade juga memfasilitasi transaksi saham syariah dan reksa dana syariah.



Masyarakat yang ingin memulai berinvestasi dan memperhatikan faktor "halal" dapat berinvestasi pada instrumen saham syariah. Agar lebih mudah mengidentifikasi saham syariah, Anda bisa membuka akun syariah di aplikasi MotionTrade yang secara otomatis hanya menampilkan saham-saham syariah saja. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan indeks saham syariah untuk memudahkan Anda dalam mencari acuan dalam berinvestasi syariah di pasar modal.

Motiontrade telah merangkum 5 (lima) indeks saham syariah yang ada di Indonesia, antara lain:

1. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)
Indeks saham syariah yang banyak dijadikan acuan performa emiten syariah adalah ISSI. Untuk masuk dalam indeks saham ini, emiten harus terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Daftar Efek Syariah (DES) terlebih dahulu. Konstituen ISSI diseleksi ulang setiap bulan Mei dan November sehingga akan ada daftar saham syariah yang baru.

2. Jakarta Islamic Index (JII)
Indeks JII terdiri dari 30 emiten syariah dengan likuiditas tertinggi di BEI dan harus tercatat dalam ISSI selama 6 bulan terakhir. 60 saham akan dipilih berdasarkan rata-rata kapitalisasi pasar yang tertinggi selama satu tahun terakhir. Dari 60 saham tersebut, dipilih 30 saham terpilih sebagai konstituen JII berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian tertinggi di pasar reguler.

3. Jakarta Islamic Index 70 (JII70)
Indeks JII70 terdiri dari 70 saham syariah paling likuid yang tercatat di BEI. Proses seleksinya dilakukan terhadap 150 emiten dengan likuiditas tertinggi dalam BEI dan DES, kemudian diseleksi hingga terpilih 70 emiten konstituen JII70 berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian tertinggi di pasar reguler.

4. IDX-MES BUMN 17
Indeks ini merupakan kolaborasi dari badan usaha milik negara (BUMN), Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Indeks ini juga dipilih dari konstituen yang terdaftar pada ISSI. Dari seluruh konstituen ISSI, akan dipilih 17 emiten BUMN atau afiliasinya sebagai konstituen IDX-MES BUMN17 berdasarkan likuiditas dan fundamentalnya.

5. IDX Sharia Growth (IDXSHAGROW)
IDX Sharia Growth terdiri dari 30 saham syariah yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik. Seleksi terhadap saham konstituen JII70 akan mengerucut pada 30 saham syariah dengan nilai pertumbuhan Price-to-Earning Ratio (PER) dan tren pertumbuhan Price-to-Sales Ratio (PSR) yang tertinggi.

Di aplikasi MotionTrade, sudah tersedia daftar saham-saham konstituen dari lima indeks syariah tersebut. Anda bisa melihat emiten yang terdaftar dalam indeks saham syariah pada fitur “Index”. Yuk, mulai investasi reksa dana sekarang dengan aplikasi MotionTrade, yang juga menyediakan versi syariah-nya juga!



Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)