Tips MotionTrade: Ketahui Istilah Cut Off Time dalam Investasi Reksa Dana

Kamis, 02 November 2023 - 16:38 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Ketahui Istilah Cut Off Time dalam Investasi Reksa Dana
Cut off time dapat diartikan sebagai batasan waktu penerimaan transaksi pembelian dan transaksi penjualan kembali. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Reksa dana dapat dijadikan pilihan tepat bagi pemula yang ingin berinvestasi dengan mudah dan minim risiko. Investor pemula perlu mengetahui arti dari cut off time yang merupakan salah satu aspek penting untuk diperhatikan apabila berinvestasi di instrumen reksa dana.



Reksa dana merupakan jenis investasi keuangan di pasar modal yang transaksinya mengikuti jam dan hari Bursa Efek Indonesia yaitu Senin-Jumat. Cut off time dapat diartikan sebagai batasan waktu penerimaan transaksi pembelian (subscription) dan transaksi penjualan kembali (redemption). Adapun cut off time untuk penerimaan transaksi reksa dana di MNC Sekuritas adalah pukul 11.00 WIB.

Apabila investor mengajukan order transaksi pembelian reksa dana sebelum pukul 11.00 WIB maka investor akan mendapatkan NAB/unit di hari Bursa yang sama (T+0). Apabila investor mengajukan order transaksi reksa dana setelah pukul 11.00 WIB, investor akan mendapatkan NAB/unit pada hari bursa selanjutnya (T+1).

Agar investor pemula lebih jelas untuk memahami cut off time, MotionTrade akan memberikan simulasi contoh kasus pembelian dan penjualan reksa dana berikut:

Cut Off Time Pembelian Reksa Dana
Budi melakukan transaksi pembelian reksa dana pada hari Rabu, 1 November 2023 pada jam 10.00 WIB, maka Budi akan mendapatkan reksa dana dengan harga NAB/UP pada 1 November 2023, yang kemudian akan terlihat di portofolionya pada tanggal 2 November 2023.

Tono membeli reksa dana pada Rabu, 1 November 2023 pada jam 13.00 WIB, maka Tono akan mendapatkan reksa dana dengan harga NAB/UP pada tanggal 2 November 2023, yang kemudian akan terlihat di portofolionya pada 3 November 2023.

Cut Off Time Penjualan Reksa Dana
Manajer Investasi membutuhkan waktu untuk melakukan pencairan maksimal 7 hari kerja setelah reksa dana dijual. Sebagai contoh, Ari melakukan penjualan reksa dana pada Rabu, 1 November 2023 sebelum cut off time atau sebelum pukul 11.00 WIB, maka mendapatkan harga NAB/UP di hari yang sama. Dana akan masuk setelah proses pencairan paling lambat 7 hari kerja yaitu Jumat, 10 November 2023.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)