Pertemuan Menteri Transportasi Asia dan Eropa Akan Dibuka Jokowi

Senin, 25 September 2017 - 14:39 WIB
Pertemuan Menteri Transportasi Asia dan Eropa Akan Dibuka Jokowi
Pertemuan Menteri Transportasi Asia dan Eropa Akan Dibuka Jokowi
A A A
JAKARTA - Pertemuan Menteri Transportasi se-Asia dan Eropa oleh Asia Europe Meeting (ASEM) yang akan digelar di Hotel Westin Nusa Dua, Bali pada 26-28 September 2017, rencananya bakal dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dalam bisnis forum, Presiden Jokowi akan datang, tapi kita lihat besok. Insya Allah Presiden datang kalau tidak ada hal-hal yang signifikan terjadi atas Gunung Agung," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai membuka acara diskusi di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (25/9/2017).

Menurutnya, penunjukan Indonesia merupakan kehormatan luar biasa. Sebab, yang ingin menjadi tuan rumah adalah Indonesia dan Korea dan Indonesia bisa memenangkan untuk digelar di Bali.

"Nanti akan hadir kurang lebih 18 meteri dari 51 perwakilan, ada dua organisasi internasional. Dan saat ini yang sudah konfirmasi ada 39 delegasi," jelas dia.

Di antara negara yang sudah konfirmasi untuk hadir dari Eropa yaitu Rusia, Latvia, Hunggaria, Luksemberg dan Polandia. Bahkan, Polandia secara khusus membawa tim yang besar sekali.

Sementara dari Asia yaitu Malaysia, Filipina, Singapura, Myanmar, Laos, Monggolia, Kamboja, Jepang, China, Korea, India dan Brunai Darussalam.

"Jadi suatu kebanggaan, di mana ada dua organisasi internasional yaitu Europen Comisioner for Mobility Transport dan ASEAN Comisioner for Mobility Transport," kata Budi.

Tujuan utama acara ini untuk menarik investasi, sehingga juga diadakan pameran untuk menimbulkan peluang investasi, kerja sama dan peluang bisnis. Sehingga, bakal diekpos transportasi laut, udara, laut dan darat.

"Ini dalam rangka mencapai target agar investasi asing bisa masif di Indonesia dan ini juga menjadi embrio saat kita kunjungan ke negara-negara lain," paparnya.

Sementara yang mengikuti pameran selain Kemnhub yaitu BKPM, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, Garuda Indonesia, Pelindo I dampai IV, Land Industri, Pindad, INKA, DPP ALFI, INSA, Kadin, KAAI dan lembaga keuangan.

Sedangkan peserta pameran dari luar ada dari Jepang, UE, Korea, Rusia, India, Jerman, Swis, Polandia, dan Italia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4840 seconds (0.1#10.140)