Pandawa Ganjar Ajak Warga Lestarikan Lingkungan dengan Menanam Mangrove

Jum'at, 03 November 2023 - 12:30 WIB
loading...
Pandawa Ganjar Ajak Warga Lestarikan Lingkungan dengan Menanam Mangrove
Pandawa Ganjar mengadakan kegiatan penanaman mangrove di Wisata Mangrove di Nunukan, Kalimantan Utara. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Pandawa Ganjar berkomitmen melakukan kegiatan bermanfaat kepada masyarakat luas. Kali ini, mereka mengadakan kegiatan penanaman mangrove di Wisata Mangrove. Adapun kegiatan tersebut dilakukan bersama warga di Nunukan, Kalimantan Utara.

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Ganjar Kalimantan Utara Nur Ghina Muslimah mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Pandawa untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Dia menuturkan dalam kegiatan itu mereka melibatkan puluhan pemuda setempat.

"Kami rangkul semua anak muda di sini untuk bisa ikut dan peduli terhadap lingkungan," kata Nur dalam siaran persnya, Jumat (3/11/2023).



Mangrove adalah jenis tumbuhan pantai yang secara spesifik tumbuh subur di sepanjang pantai beriklim tropis dan sub tropis serta terlindungi dengan membentuk formasi.

Mangrove memiliki nilai ekologis yang cukup besar sebagai barrier menjaga kestabilan daerah pesisir pantai dari abrasi dan berperan mengurangi global warming.

Oleh karena itu, Nur mengajak para warga di desa ujang fatima itu untuk bisa menjaga kelestarian lingkungan, terutama mangrove yang ada di pantai itu. "Kami berusaha membuktikan kepada masyarakat akan peduli kepada lingkungan dan masyarakat," tegasnya.

Menurut dia, kegiatan tersebut dilakukan karena terinspirasi dari Ganjar Pranowo. Dia mengatakan mantan gubernur Jawa Tengah dua periode itu selalu mengajak seluruh masyarakat Desa Ujang Fatima, Pulau Nunukan untuk menumbuhkan kepedulian dan kecintaan terhadap kelestarian mangrove dan Lingkungan Pesisir Pantai

"Kami terinspirasi dari Pak Ganjar yang sering mengajak masyarakat selalu menumbuhkan kepedulian terhadap kelestarian mangrove," ungkap dia.



Dia berharap penanaman mangrove ini dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir, hingga memperbaiki habitat di daerah pantai, terkhususnya Pulau Nunukan, Kalimantan Utara.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)