Ganjar Milenial Cepat Tanggap Bantu Warga Kesulitan Air di Makassar

Sabtu, 04 November 2023 - 08:30 WIB
loading...
Ganjar Milenial Cepat Tanggap Bantu Warga Kesulitan Air di Makassar
Ganjar Milenial Center bergerak cepat membantu masyarakat di Panakkukang, Makassar yang mengalami kesulitan air. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) Sulawesi Selatan (Sulsel) bergerak cepat membantu masyarakat di Panakkukang, Makassar yang tengah mengalami krisis air bersih imbas kemarau berkepanjangan.

Para pendukung Ganjar Pranowo ini memberikan tandon berisi penuh air bersih kepada masyarakat setempat. Ratusan keluarga di Panakkukang turut merasakan manfaat bantuan ini untuk menghadapi krisis air. Koordinator Daerah GMC Kota Makassar, Ilham Hafid mengatakan, bantuan tersebut diberikan atas permintaan warga setempat yang meminta bantuan kepada relawan GMC.

"Ada beberapa warga datang ke posko GMC, mengatakan bahwa di Kecamatan Panakukkang mereka itu sudah terdampak (krisis air) tiga minggu lamanya," kata Ilham dalam siaran pers, Sabtu (4/11/2023).



Penuturan Ilham, musim kemarau berkepanjangan telah membuat warga di daerah tersebut telah menghadapi krisis air bersih. Banyak warga yang kesulitan mendapatkan air bersih, khususnya untuk konsumsi.

Banyak sumber air yang ada, disebut Ilham telah mengalami kekeringan. Banyak warga terpaksa harus mengambil air hingga ke kampung lain.

"Menurut kami dari tim riset atau yang terjun langsung ke daerah ini, menurut kami cukup parah (kekeringan yang terjadi). Warga yang ambil air di sini itu ada dari kelurahan lain," katanya.

Lebih lanjut, Ilham mengatakan bahwa tandon yang mereka berikan akan digunakan untuk keperluan bersama masyarakat. Tandon tersebut bisa memudahkan pengambilan air yang telah berhasil ditampung.

Baca Juga: Kowarteg Ganjar Bersama Warga Bekasi Gelar Selawat dan Doa Bersama

Warga pun nampak senang dan semangat saat mengantre untuk mendapatkan air bersih gratis dari tandon. Mereka telah menyiapkan sejumlah wadah untuk menampung air yang dialirkan dari tandon.

"Semoga adanya pemberian tandon dari GMC ini bisa membantu dampak warga yang terkena bencana (kekeringan). Pastinya ini untuk penampungan air, kemudian untuk memudahkan warga untuk sama-sama kemudian bisa mendapatkan air bersih," ucapnya.

Air tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari konsumsi, mandi, hingga untuk beribadah. Relawan beranggotakan para pemuda, mahasiswa, dan milenial ini pun berkomitmen untuk terus melanjutkan aksi bermanfaatnya untuk masyarakat.

"Kita sementara observasi, program apa yang kiranya cocok, dan berdampak langsung (pada masyarakat) seperti ini. Program yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)