Ketimpangan Masih Jadi Tantangan Ekonomi Jawa Barat

Rabu, 27 September 2017 - 19:04 WIB
Ketimpangan Masih Jadi Tantangan Ekonomi Jawa Barat
Ketimpangan Masih Jadi Tantangan Ekonomi Jawa Barat
A A A
BANDUNG - Bank Indonesia (BI) mengatakan, bahwa kesenjangan ekonomi masih menjadi tantangan yang perlu menjadi perhatian seluruh pemangku kebijakan.

Dalam konteks perekonomian Jawa Barat, terdapat tantangan berupa ketimpangan ekonomi antara Jawa Barat bagian utara dan selatan, serta kesenjangan ekonomi yang tinggi di daerah perkotaan.

"Untuk mengatasi kesenjangan dan meningkatkan kesejahteraan memerlukan peran aktif seluruh unsur masyarakat, termasuk pesantren," kata Gubernur BI Agus Martowardojo usai Rapat Koordinasi Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Bank Indonesia di Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/9/2017).

Agus melanjutkan, pertumbuhan ekonomi daerah Jawa Barat bagian selatan agak lebih rendah dibanding rata-rata wilayah lainnya disebabkan infrastruktur yang kurang memadai.

Selain itu, pendapatan per kapita tertinggi juga berada di Jawa Barat bagian utara. Padahal, Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah menyumbang sekitar 13,5% pertumbuhan ekonomi nasional.

"Makanya, stabilitas makroekonomi perlu didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkesinambungan," terangnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8295 seconds (0.1#10.140)