Buat Bayar Utang, Cadangan Devisa RI Turun Jadi USD133,1 Miliar

Selasa, 07 November 2023 - 11:48 WIB
loading...
Buat Bayar Utang, Cadangan Devisa RI Turun Jadi USD133,1 Miliar
Bank Indonesia melaporkan cadangan devisa hingga akhir Oktober 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyampaikan bahwa posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Oktober 2023 sebesar USD133,1 miliar. Namun, posisi tersebut menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir September 2023 sebesar USD134,9 miliar.

"Penurunan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi pembayaran utang luar negeri pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar rupiah sebagai langkah antisipasi dampak rambatan sehubungan dengan semakin meningkatnya ketidakpastian pasar keuangan global," ujar Direktur Departemen Komunikasi BI, Nita A. Muelgini, melalui pernyataan resmi, Selasa (7/11/2023).



Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 5,9 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Di samping itu, posisi cadangan devisa Indonesia masih berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," katanya.



Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa akan tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga. Hal tersebut seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia (BI) dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)