Jasa Marga dan Wijaya Karya Lepas Komodo Bonds Senilai Rp7,5 Triliun

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 00:03 WIB
Jasa Marga dan Wijaya Karya Lepas Komodo Bonds Senilai Rp7,5 Triliun
Jasa Marga dan Wijaya Karya Lepas Komodo Bonds Senilai Rp7,5 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga Tbk dan PT Wijaya Karya (Wika) Tbk akan menerbitkan surat utang global berdenominasi rupiah di pasar internasional awal November 2017. Dari kegiatan yang kerap disebut Komodo Bonds itu, mampu terkumpulkan dana segar sebesar Rp7,5 triliun.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno merinci bila dana itu dibagi untuk Wika sebesar Rp5 triliun dan sisanya sebesar Rp2,5 triliun untuk Jasa Marga.

"Insya Allah kalau lancar bulan November ini, Jasa Marga dan Wijaya Karya akan menerbitkan Komodo Bonds. Sebenarnya PLN juga, hanya Pak Sofyan Basir (Dirut PT PLN) masih kurang tertarik dan masih mengandalkan sekuritas. Jadi untuk PLN baru tahun depan," ujarnya di Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Diakui, bila konsep Komodo Bonds dilihatnya cukup menarik. Karena kebutuhan untuk pendanaan infrastruktur nasional cukup besar. Sehingga, tidak hanya konsentrasikan diri dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri.

"Makanya kita ambil Komodo Bonds. Sebab India dan China sudah melakukan hal yang sama. Karena itu sangat baik," tegas Rini.

Komodo Bonds merupakan surat utang global berdenominasi rupiah yang akan ditawarkan di luar negeri. Ini merupakan surat utang global mata uang rupiah pertama yang diterbitkan Indonesia.

"Kita mengambil langkah ini untuk meniru China dan India. Dan ternyata cukup berhasil. Apalagi banyak investor asing yang mau beli bond rupiah, tapi tidak mau transaksinya di Indonesia, tetap di luar negeri melalui Euroclear," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5801 seconds (0.1#10.140)