Budi Karya Uji Coba Operasi KA Bandara

Sabtu, 07 Oktober 2017 - 20:03 WIB
Budi Karya Uji Coba Operasi KA Bandara
Budi Karya Uji Coba Operasi KA Bandara
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada hari ini, Sabtu (7/10/2017) melakukan uji coba operasi KA Bandara Soekarno-Hatta dengan rute Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Tangerang.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto mengatakan, uji coba operasi KA Bandara oleh Menhub ini bertujuan untuk melihat kesiapan KA Bandara Soekarno-Hatta, baik dari sisi sarana maupun pembangunan infrastruktur terkait.

"Kami siapkan 10 trainset KRL (EMU/electrical multiple unit)untuk KA Bandara Soekarno-Hatta. Dari 10 trainset tersebut, saat ini dua trainset telah lulus pengujian dan sertifikasi dari DJKA dan siap operasi. Sedang delapan trainset lainnya sedang dalam proses pengujian dan dalam waktu dekat akan siap operasi," katanya dalam rilis di Jakarta, Sabtu (7/10/2017).

Untuk tiket Kereta Api Bandara ini dibanderol dalam kisaran Rp100.000-Rp 150.000 dengan fasilitas premium. Mulai dari tempat duduk yang nyaman, full AC, wifi high speed, sampai dengan fasilitas toilet mirip di pesawat untuk setiap kereta.

Setiap rangkaian terdiri enam kereta dengan kapasitas 272 penumpang dan semua penumpang dipastikan duduk, tidak ada yang berdiri.

Sedangkan waktu tempuhnya pun relatif cepat, hanya 55 menit dengan rute Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

"Dengan pengoperasian KA Bandara Soetta ini diharapkan bisa menambah pilihan masyarakat dalam mengakses bandara terbesar di Indonesia. Jika selama ini hanya tersedia pilihan bertransportasi berbasis jalan raya, maka sebentar lagi akan hadir layanan transportasi publik berbasis jalan rel yang mengusung kenyamanan bagi pelanggan," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6438 seconds (0.1#10.140)