Kolaborasi MIND ID Wujudkan Inovasi Hilirisasi Limbah Timah

Rabu, 08 November 2023 - 20:27 WIB
loading...
A A A
"Kerja sama dengan PT Timah Tbk., telah memungkinkan kami merancang partikel nano oksida SnO2 sebagai aditif pada lubrikan. Yang menarik adalah serbuk nano SnO2 yang kami gunakan disintesis dari limbah hasil peleburan timah, sehingga kita mencapai peningkatan nilai tambah. Inovasi ini juga membuka peluang besar dalam pemanfaatan limbah yang mengandung timah, seperti sampah elektronik," kata Alfian.

Ia mengatakan pemilihan material nano sebagai aditif lubrikan menjadi lebih unggul dalam mengatasi kelemahan aditif anti aus dan anti gesekan dibandingkan aditif konvensional. Selain itu, kata dia, partikel nano merupakan ukuran yang mencapai nanometer dan menjadi gesekan antarmuka yang paling ideal.

"Riset tentang aditif lubrikan dari limbah peleburan timah ini menjadi sangat menarik karena menggunakan pendekatan nanoteknologi. MIND ID sangat mendorong agar riset ini terus dikembangkan karena memberi banyak manfaat," kata Heri.

Inovasi lubrikan SnO2 nano powder tersebut mendapat penghargaan peringkat dua dalam ajang Think Efficiency 2023--kompetisi besutan Shell Indonesia dan Society Renewable Energy Indonesia, untuk kategori Tribologi. Think Efficiency bertujuan mendorong inovasi efisien berdampak positif di bidang energi, tribologi, juga digitalisasi.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)