Terungkap! Milienial dan Gen Z Gemari 3 Jenis Investasi

Rabu, 08 November 2023 - 16:19 WIB
loading...
Terungkap! Milienial dan Gen Z Gemari 3 Jenis Investasi
Ada 3 jenis investasi yang digemari milenial dan gen Z. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kaum milenial dan gen Z ternyata mempunyai preferensi produk investasi yang paling diincar. Ada tiga produk investasi paling digemari oleh konsumen dua kalangan itu, yakni reksadana, saham, dan logam mulia.



“Ketiga produk investasi ini menduduki pilihan teratas, berdasarkan hasil survei yang kami laukukan,” ujar Aska Primardi, Head of Research Jakpat, Rabu (8/11/2023).

Dalam survei terbaru yang dilakukan Jakpat terkait Tren Fintech Indonesia Semester I-2023, ditemukan bahwa 50% milenial dan gen Z mengaku menabung dan berinvestasi sangat relevan dengan kehidupan mereka.

Sebanyak 1 dari 4 dari generasi tersebut bahkan menyatakan mereka aktif mengelola portofolio investasi. Survei juga melaporkan, dua genarasi itu sangat familiar dengan investasi melalui platform, termasuk aplikasi yang dikembangkan fintech.

Survei yang melibatkan 1.425 responden itu menemukan 60% responden menegaskan bahwa fintech sudah terdaftar dan memiliki izin resmi dari OJK sebagai dasar dari pilihan mereka. Alasan lain adalah karena memiliki metode pembayaran yang mudah (56%), dan faktor kenyamanan atau user-friendliness (52%).

Aska menjelaskan lebih lanjut bahwa reksadana dan dan saham menduduki tempat pertama (dipilih oleh sekitar 43% orang), sementara logam mulia menduduki tempat kedua (dipilih oleh sekitar 30% orang). Milenial dan gen Z tak terbantahkan lagi merupakan generasi yang melek finansial dan memahami pentingnya mengelola keuangan.

Sejalan dengan preferensi produk investasi yang dipilih, lanjut dia, tipe investor generasi muda saat ini terbagi dalam tiga kelompok. Ada 54% merupakan tipe moderate, yang mengutamakan keseimbangan antara risk dan return.

Ada 41% merupakan conservatives, yang memilih menghindari risiko, dan 5% merupakan aggressive, yang rela mengambil risiko tinggi untuk imbal hasil yang lebih tinggi.

Chief Digital Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk Andreas Kurniawan mengatakan, tren investasi di kalangan generasi muda mendorong perbankan untuk merespons kebutuhan dan harapan generasi muda tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3502 seconds (0.1#10.140)