Negara Penghasil Semangka Terbesar di Dunia, Nomor Satu Lahannya 2 Kali Lebih Luas Jabodetabek

Minggu, 12 November 2023 - 10:19 WIB
loading...
Negara Penghasil Semangka Terbesar di Dunia, Nomor Satu Lahannya 2 Kali Lebih Luas Jabodetabek
China menjadi negara penghasil semangka terbesar di dunia. Foto/CGTN
A A A
JAKARTA - Negara penghasil semangka terbesar di dunia adalah China. Mengutip data Atlas Big, produksi semangka China mencapai 63 juta ton lebih, data lain ada yang menyebut 79,2 juta ton.



Salah satu pendorong besarnya produksi semangka di China adalah lahan yang sangat luas. Luas lahan perkebunan semangka di China mencapai 1,5 juta hektare atau 15.000 km2, lebih dari dua kali luas wilayah Jabodetabek (6.802 km2).

Rasa-rasanya sulit bagi negara lain untuk menyaingi China dalam produksi semangka. Pasalnya, negara-negara lain yang masuk 5 besar selisihnyanya sangat jauh. Iran, misalnya, yang berada di posisi kedua, hanya menghasilkan 4,1 juta ton.

Saat ini buah semangka tengah diperbincangkan dunia karena menjadi simbol perlawanan Palestina terhadap Israel yang membombardir wilayah mereka. Simbol perlawanan itu pertama kali muncul pada 1967 ketika Israel menguasai Tepi Barat dan Gaza, dan mengambil Yerusalem Timur.

Berikut 5 negara penghasil semangka terbesar di dunia versi Atlas Big:

1. China
Negeri Tirai Bambu ini memproduksi semangka sebanyak 63 juta ton lebih. Di China, sebagian besar semangka diproduksi di Provinsi Gansu, yang iklimnya mendukung untuk penanamannya. Buah yang dihasilkan di sini memiliki kualitas yang sangat baik karena tipe iklim khusus di wilayah tersebut. Daerah tersebut mempunyai sinar matahari maksimum dan curah hujan di daerah tersebut minimal yaitu 40-538 milimeter di daerah produksi terpenting.

2. Iran
Iran menduduki posisi kedua dengan produksi sebanyak 4,11 juta ton. Luas lahan kebun semangka di negara itu adalah 136,876 hektare (ha).

Di Iran, semangka diproduksi di Provinsi Hamadan, dan produksinya mencakup hampir 1,2% dari total luas provinsi tersebut. Penggunaan energi dalam produksi bersifat langsung dan tidak langsung dan petani menggunakan energi terbarukan dan tidak terbarukan.

3. Turki
Negaranya Erdogan ini menghasilan semangka sebanyak 4,03 juta ton. Luas lahannya 95.238 ha. Di Turki, buah ini sebagian besar diproduksi di Distrik Manavgat, Antalya. Distrik ini sangat terkenal dengan produksi semangka sehingga menjadi tuan rumah festival semangka setiap tahunnya. Buah ini juga mempunyai tempat penting di negara ini dari sudut pandang ekonomi karena 10% dari total produksi berasal dari Turki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)