alexa snippet

Menteri Susi Bakal Sulap Kapal Silver Sea 2 Jadi Museum

Menteri Susi Bakal Sulap Kapal Silver Sea 2 Jadi Museum
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menyulap kapal pelaku penangkapan ikan secara ilegal, kapal Silver Sea 2 menjadi museum. Grafis/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan menyulap kapal pelaku penangkapan ikan secara ilegal (illegal unreported unregulated/IUU fishing) dari Thailand, kapal Silver Sea 2 menjadi museum. Hal ini seiring kemenangan negara dalam kasus Silver Sea 2 melalui putusan Pengadilan Negeri (PN) Subang.

(Baca: Curi Ikan, Kapal Asal Thailand Disita dan Denda Rp250 Juta)

Dia mengungkapkan, PN Subang telah memutuskan bahwa kapal Silver Sea 2 sebagai barang rampasan negara. Karena itu, pihaknya akan menjadikan kapal tersebut sebagai museum berjalan.

"(Kapal Silver Sea 2) milik negara, kita inginnya jadi museum berjalan dengan tulisan museum. Jadi terbuka seluruh mata Indonesia bagaimana kapal besar itu menggaruk dan membawa pergi sumber daya perikanan kita," katanya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Menurutnya, tujuan dari rencana menjadikan kapal Silver Sea 2 sebagai museum, untuk memberikan pesan kepada masyarakat Indonesia, selama ini banyak kapal eks asing yang mencuri ikan di laut Indonesia.

(Baca: Menteri Susi: Ini Bukti Negara Bisa Menang Lawan Mafia)

"Ya, untuk supaya lihat karena kita kapal yang begini jarang sebagai bukti, nanti mau hibah gitu ya terus kita jalan bawa untuk exhibition illegal fishing. Education untuk negara dan bangsa kita," tutur dia.

Bahkan rencananya, ada sekitar 10 kapal yang akan dijadikan museum illegal fishing. Kapal tersebut akan mewakili berbagai negara yang selama ini mengeruk kekayaan laut Tanah Air.

"Ada rencana kita 10 kapal mewakili berbagai negara supaya ada bukti. Kan nanti kalau semua ditenggelamin enggak ada bukti nanti dikira Menteri Kelautan dan Satgas itu bohong-bohong saja. Kan kita ada buktinya, nih kapalnya seperti ini," imbuh Susi.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top