alexametrics

3 Tahun Jokowi-JK

Tiga Tahun Jokowi-JK, Empat Sektor Industri Ini Tumbuh Pesat

loading...
Tiga Tahun Jokowi-JK, Empat Sektor Industri Ini Tumbuh Pesat
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Foto/Dok.SINDO Weekly
A+ A-
JAKARTA - Sektor industri di Indonesia selama tiga tahun Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mencatat hasil cukup positif. Tercatat ada empat sektor yang pertumbuhannya tinggi.

Data Kementerian Perindustrian menyebutkan, capaian kinerja sektor industri pada kuartal III 2017 tumbuh tinggi, diantaranya industri logam dasar dengan pertumbuhan mencapai 7,50 %.

Selanjutnya, industri kimia, farmasi, dan obat tradisional tumbuh mencapai 7,38%. Bahkan, industri makanan dan minuman pertumbuhannya mencapai 7,19% dan industri mesin serta perlengkapan berkembang 6,72%.

Dengan hasil ini, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto hakul yakin potensi industri nasional masih sangat besar. Dan nilai tambah industri manufaktur masih bisa lebih tinggi lagi. Kemenperin mengklaim saat ini industri nasional saat ini menempati peringkat empat dunia.

Hasil ini membuat Indonesia pun menjadi tujuan investasi. "Dalam pertemuan di Jepang, Indonesia itu menjadi tujuan investasi. Banyak negara yang ingin masuk diantaranya, Jepang, China, Korea dan Vietnam. Kesempatan ini harus ditangkap," ungkapnya saat konferensi pers 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Gedung Kemenperin, Senin (23/10/2017).

Airlangga menjelaskan, arah kebijakan pembangunan industri nasional berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019. Ada tiga butir yang terkait peran sektor industri dari Nawacita yang ditetapkan Jokowi-JK.

Diantaranya mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Sehingga Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia Iainnya.

"Ketiga, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," tukasnya.

Karena itu, lanjut Airlangga, dalam upaya mendorong penyebaran industri yang merata sekaligus mewujudkan Indonesia sentris, Kemenperin teIah memfasilitasi pembangunan kawasan industri, khususnya di Iuar Pulau Jawa.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak