Hutama Karya Garap Tol Baru Akses ke Pelabuhan Patimban Awal 2024

Selasa, 14 November 2023 - 14:31 WIB
loading...
Hutama Karya Garap Tol Baru Akses ke Pelabuhan Patimban Awal 2024
PT Hutama Karya (Persero) akan menggarap proyek tol akses ke Pelabuhan Patimban mulai awal 2024. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Jalan tol baru untuk akses ke Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, akan digarap oleh PT Hutama Karya (Persero) mulai awal 2024. Salah satu proyek strategis nasional (PSN) tersebut memiliki nilai investasi Rp882,6 miliar.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, perseroan secara spesifik mengerjakan paket 3 STA.28+000 sampai STA.33+500) dengan total panjang mencapai 5,5 km.



“Pengerjaannya akan dimulai pada awal tahun 2024 dengan waktu pelaksanaan selama 700 hari kalender,” ujar Tjahjo melalui keterangan pers, Selasa (14/11/2023).

Jalan tol tersebut akan menghubungkan antara Tol Cikampek-Palimanan di sisi Selatan dengan Pelabuhan Patimban di sisi Utara. Akses baru tersebut diharapkan dapat menjadi stimulus bagi pertumbuhan ekonomi di wilayah Subang dan sekitarnya, sekaligus mendongkrak daya saing nasional melalui kemudahan jalur distribusi logistik.



Menurut Tjahjo, di jalan tol akses menuju Pelabuhan Patimban itu akan dibangun sejumlah fasilitas struktur seperti Pile Slab 6 Segmen sepanjang 954,5 m; enam buah jembatan mainroad; tiga buah overpass atau jalan layang; serta dua buah box pedestrian jalur khusus yang dibangun melintas di atas jalan raya untuk mengoptimalkan keselamatan lalu lintas di sekitar jalan tol yang dibangun.

Terkait penyelesaian, Tjahjo menegaskan bahwa Hutama Karya optimistis dapat mengerjakan proyek tersebut sesuai target yang ditentukan. Selain memiliki pengalaman mumpuni, kata dia, Hutama Karya juga akan menerapkan berbagai strategi, antara lain digitalisasi konstruksi pada tahap perencanaan hingga pembangunan.

"Kita juga memiliki sumber daya manusia berkualitas yang menjamin proyek yang dibangun memiliki mutu terbaik," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)