Tips MotionTrade: Apa itu HAKA dan HAKI dalam Investasi Saham?

Rabu, 15 November 2023 - 11:50 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Apa itu HAKA dan HAKI dalam Investasi Saham?
MNC Sekuritas terus memberikan edukasi kepada investor pasar modal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. MNC Sekuritas melalui aplikasi MotionTrade memfasilitasi transaksi saham dan reksa dana.



Dalam investasi saham, investor sering menggunakan berbagai strategi agar dapat mengoptimalkan investasi mereka. Istilah “Hajar Kanan” (HAKA) dan “Hajar Kiri” (HAKI) menjadi salah satu istilah yang dijumpai pada instrumen investasi saham. Kedua istilah ini sering dikaitkan dengan bid dan offer.

Istilah HAKA saham artinya mengacu pada tampilan kolom harga offer yang biasanya terletak di sisi sebelah kanan. Strategi HAKA dilakukan dengan memasang harga beli (bid) dengan harga tertinggi yang ada pada kolom offer tertinggi pada saat itu. Strategi ini biasanya akan dilakukan oleh trader ketika merasa yakin bahwa harga saham yang dibeli akan menguat sehingga tentunya akan memberikan keuntungan baginya.

Istilah HAKI merupakan strategi investasi dengan melakukan penjualan saham dengan harga bid paling rendah pada pasar. HAKI dilakukan apabila trader memprediksi bahwa suatu saham yang dimiliki cenderung turun sehingga berpotensi menyebabkan kerugian apabila tidak dijual. Saat situasi penawaran jual saham tinggi, menjual saham di harga bid paling rendah memungkinkan investor dengan cepat melikuidasi posisi mereka tanpa harus menunggu lama.



Dalam melakukan strategi HAKA atau HAKI, investor atau trader perlu mengimbangi dengan melakukan analisis, baik secara fundamental atau teknikal agar hasil investasi yang Anda lakukan dapat memperoleh hasil yang optimal. Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)