Menuju Bank 4.0, Ini Fitur-Fitur Unggulan MotionBank

Rabu, 15 November 2023 - 15:44 WIB
loading...
Menuju Bank 4.0, Ini Fitur-Fitur Unggulan MotionBank
Transformasi Bank 4.0 ini ditandai dengan penggunaan teknologi digital secara menyeluruh. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Perkembangan industri perbankan di dalam negeri terbilang sangat impresif, khususnya dalam rangka transformasi menuju Bank 4.0. Transformasi Bank 4.0 ini ditandai dengan penggunaan teknologi digital secara menyeluruh dalam seluruh aspek operasional perbankan, mulai dari proses bisnis, layanan nasabah, hingga strategi pemasaran.

Chief Digital Business Officer MNC Bank Yudistira Ardhi Prastono menyampaikan bahwa Bank 4.0 dapat diartikan sebagai bank yang mampu memberikan layanan keuangan fleksibel, mudah diakses, dan sesuai dengan ekspektasi kebutuhan nasabah dalam transaksi keuangan yang kini semakin beragam. Layanan ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor cabang bank karena Bank 4.0 fokus pada penyediaan layanan digital yang lengkap dan terintegrasi, mulai dari pembukaan rekening, investasi hingga transaksi keuangan sehari-hari.



"Transformasi menuju Bank 4.0 merupakan tantangan dan peluang bagi industri perbankan di Indonesia, karena kita perlu investasi yang besar dalam teknologi digital. Namun peluangnya juga tidak kalah besar dimana potensi untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan nasabah bisa semakin ditingkatkan," ungkap Yudistira.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Yudistira menambahkan bahwa secara konsisten, MNC Bank terus melakukan pengembangan aplikasi layanan perbankan digital MotionBank. Berikut adalah beberapa contoh fitur dan layanan MotionBank yang mendukung transformasi menuju Bank 4.0:

• Fitur pembukaan rekening tabungan dan deposito online yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, hanya bermodal smartphone dan jaringan internet. MotionBank juga menyediakan fitur tarik dan setor tunai di seluruh jaringan Indomaret di Indonesia, tanpa harus mengunjungi mesin ATM apalagi kantor cabang bank.
• Fitur transaksi QRIS, transfer dana, pembayaran berbagai tagihan yang rutin dilakukan seperti tagihan pulsa, listrik, PDAM, hingga fitur top-up & pay ke berbagai mitra layanan keuangan digital seperti MotionPay, Gopay, OVO, dan e-money lainnya.
• Fitur pembukaan rekening Tabungan Pensiun Motion, di mana pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat melakukan transaksi penarikan uang pensiun tanpa harus datang ke kantor fisik MNC Bank, cukup melalui mesin ATM dan jaringan Indomaret yang tersebar di seluruh Indonesia. MNC Bank bersinergi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk memudahkan peserta dalam mengakses layanan kepesertaan BPJAMSOSTEK melalui MotionBank
• MotionBank memiliki fitur pengajuan kartu kredit online, split bill untuk permintaan transfer dana, transfer dana menggunakan nomor handphone, hingga pembukaan rekening tabungan maupun deposito online secara cepat dan mudah.
• MotionBank juga mengadopsi model bisnis Banking as a Service (BaaS) yang memungkinkan perusahaan non-bank untuk mengakses layanan perbankan melalui API. Model bisnis BaaS dapat memperluas ekosistem perusahaan non-bank dengan layanan keuangan yang terintegrasi.



“Dengan berbagai fitur dan layanan yang ditawarkannya, MotionBank diharapkan bisa menjadi solusi perbankan yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang ingin menikmati layanan perbankan yang fleksibel, mudah diakses, dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya,” tambah Yudistira.

Raih Berbagai Penghargaan Bergengsi

Berkat optimalisasi fitur dan layanannya sebagai aplikasi layanan perbankan digital, beberapa waktu lalu MNC Bank berhasil meraih apresiasi penghargaan Best Digital Innovation pada acara Indonesia Digital Innovation Summit 2023. Penghargaan Best Digital Innovation memang diberikan bagi perusahaan yang telah mengembangkan strategic business dalam inovasi digital melalui kompetisi penjurian, sehingga dapat menjadi acuan bagi perusahaan lain dalam pemanfaatan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)