5 Jembatan Terpanjang di Indonesia, Salah Satunya Jadi Karpet Merah Mahfud MD

Minggu, 19 November 2023 - 17:15 WIB
loading...
5 Jembatan Terpanjang di Indonesia, Salah Satunya Jadi Karpet Merah Mahfud MD
Jembatan-jembatan di Indonesia mengundang perhatian khusus, terutama setelah kepulangan Mahfud MD ke Madura melalui salah satu Jembatan Terpanjang di Indonesia. Foto/SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Jembatan -jembatan di Indonesia mengundang perhatian khusus, terutama setelah kepulangan Mahfud MD ke Madura melalui salah satu Jembatan Terpanjang di Indonesia. Infrastruktur ini menjadi elemen kunci dalam perekonomian dan konektivitas antardaerah di Indonesia, menghubungkan wilayah dengan kondisi geografis yang kompleks.



Tidak hanya memainkan peran sebagai simbol fisik penghubung antarwilayah, jembatan-jembatan tersebut juga memiliki peran vital dalam membuka akses lintas pulau di Indonesia yang terdiri dari 70% laut dan dataran terjal. Keberadaan mereka menjadi krusial karena mengatasi hambatan geografis, seperti sungai, selat, dan laut, sehingga memfasilitasi konektivitas masyarakat.



Tidak hanya Jembatan Suramadu , Indonesia memiliki beberapa jembatan panjang lainnya yang tidak kalah spektakuler. Berikut adalah daftar 5 Jembatan Terpanjang di Indonesia yang mungkin anda belum tahu.

5 Jembatan Terpanjang di Indonesia

1. Suramadu (5.438 m)

Jembatan Suramadu, yang menjadi jembatan terpanjang di Indonesia, dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2009. Menurut situs resmi Kementerian PUPR, biaya pembangunan mencapai lebih dari Rp4,5 triliun. Jembatan ini, selain menjadi ikon Surabaya-Madura, juga menjadi karpet merah untuk Mahfud MD saat kepulangannya ke Madura.

2. Pasupati (2.800 m)

Jembatan Pasupati, terletak di Bandung, Jawa Barat, merupakan jembatan terpanjang kedua di Indonesia. Diresmikan pada 12 Juli 2005 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, jembatan ini menghubungkan Jalan Pasteur dan Surapati, menjadi jalan utama di Kota Bandung dengan panjang sekitar 2,8 kilometer.

3. Barelang (2.264 m)

Jembatan Barelang, di Batam, Kepulauan Riau, menghubungkan beberapa pulau, seperti Batam, Tonton, Rempang, Nipah, Dalang, dan Galang Baru. Dibangun selama 6 tahun dengan biaya sekitar Rp400 miliar, jembatan ini juga dikenal sebagai "Jembatan Habibie" karena diprakarsai oleh mantan Presiden BJ Habibie.

4. Merah Putih (1.140 m)

Jembatan Merah Putih, dengan panjang 1.140 meter, dibangun untuk mempercepat waktu tempuh antara Bandara Pattimura di Maluku Tengah dan pusat kota Ambon di Jazirah Leitimur. Dibangun dengan biaya Rp779,2 miliar menggunakan dana APBN.

5. Siak Sri Indapura (1.196 m)

Jembatan Siak Sri Indrapura, di Siak, Provinsi Riau, memiliki panjang total 1.196 meter dan menghubungkan kecamatan Siak (sisi Utara) dan kecamatan Mempura (sisi Selatan). Dua pylon besar membangun jembatan ini untuk memperlancar transportasi wilayah Siak ke daerah sekitarnya.

Melalui daftar jembatan terpanjang di Indonesia ini, menunjukkan kemajuan tanah air dalam pengembangan infrastruktur yang mendukung konektivitas antar-pulau, memudahkan mobilitas masyarakat, dan memicu pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)