500 Ribu Rice Cooker Gratis Bakal Disebar Akhir November Ini

Selasa, 21 November 2023 - 17:21 WIB
loading...
500 Ribu Rice Cooker Gratis Bakal Disebar Akhir November Ini
Akhir November rice cooker gratis bakal dibagikan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkap, saat ini pihaknya masih menyiapkan data calon penerima dan pengadaan alat masak berbasis listrik/AML atau rice cooker gratis melalui e-catalog. Artinya, belum ada perusahaan yang ditunjuk sebagai penyedia rice cooker gratis untuk masyarakat.



Namun diakuinya, daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) untuk rice cooker gratis ini sudah terbit.

"Alat masak berbasis listrik (AML), status saat ini DIPA sudah terbit dan dalam penyiapan data calon penerima dan penyiapan pengadaan melalui e-katalog," jelasnya dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Arifin pun menargetkan, program bagi-bagi rice cooker gratis ini dapat dilaksanakan pada minggu keempat November 2023.

"Diharapkan dapat kita laksanakan pada minggu keempat bulan November 2023, sehingga distribusi dapat segera dilaksanakan sampai dengan pertengahan Desember 2023," terangnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman P. Hutajulu mengaku hingga saat ini pihaknya telah mengantongi data 333 ribu calon penerima rice cooker gratis. Target penyaluran rice cooker ini sebanyak 500 ribu orang.

"Ini masih lagi divalidasi dan diverifikasi di lapangan supaya begitu nanti beres sudah ada by name by address dan langsung bisa dikirimkan ke masyarakat," terangnya.

Namun diungkapkan Jisman, hingga kini belum ada perusahaan yang ditunjuk sebagai penyedia rice cooker. Katanya, penyedia itu akan ditetapkan dalam minggu ini agar bisa dilakukan pengadaan dan pengiriman.



"Belum ada. Tapi data penerimaan dari desa itu sudah ada," jelas Jisman.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)