Peruri Bersama 16 BUMN Jalankan Program Kolaborasi di Temanggung

Selasa, 21 November 2023 - 12:15 WIB
loading...
Peruri Bersama 16 BUMN Jalankan Program Kolaborasi di Temanggung
erum Peruri bersama 16 BUMN lainnya meluncurkan Program BUMN Teman Bersenyum. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN, Perum Peruri bersama 16 BUMN lainnya meluncurkan Program BUMN Teman Bersenyum, yakni BUMN Untuk Temanggung yang Bersih, Sehat, dan Nyaman untuk Umum di Kawasan Wisata Sindoro Water Park, Desa Rejosari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Program ini diresmikan secara bersamaan oleh Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN, Bupati Temanggung, dan perwakilan 17 BUMN penyelenggara program. Acara juga dihadiri oleh masyarakat penerima manfaat program.

BUMN Teman Bersenyum merupakan wujud komitmen BUMN terhadap pembangunan berkelanjutan dengan dukungan dan kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan. Salah satu tujuannya adalah mengubah Temanggung menjadi destinasi unggulan yang kaya akan budaya, sejarah, dan potensi alam yang menarik.

Pelaksanaan program melibatkan berbagai kegiatan, seperti pembangunan kios UMKM, pengadaan sarana prasarana camping ground, dan fasilitas rumah kemasan UMKM di Desa Rejosari, Kecamatan Bansari. Di Desa Gentan, Kecamatan Kranggan, program ini melibatkan pengadaan pipanisasi saluran air bersih.
Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, menekankan pentingnya perencanaan matang dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan masyarakat sebagai fokus utama dalam setiap program TJSL yang berdampak. Pengukuran dampak program, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, menjadi hal kritis dalam pengembangan setiap program.

Melalui kedua pelatihan tersebut, diharapkan masyarakat akan lebih siap dan terampil dalam mengelola potensi ekonomi lokal mereka, yang pada akhirnya akan berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bersama masyarakat Temanggung.



Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri Ratih Sukma Pratiwi mengungkapkan bahwa program kolaborasi BUMN ini tidak hanya memberikan bantuan kepada masyarakat, tetapi juga fokus pada mendorong kemandirian masyarakat melalui potensi yang dimiliki di daerah tersebut.

"Ini merupakan salah satu bentuk komitmen BUMN untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan," ujarnya.



Pj. Bupati Temanggung, diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Masrik Amin Zuhdi, menyambut baik kehadiran program BUMN Teman Bersenyum di Kabupaten Temanggung. Sebagai perwakilan masyarakat, ia berharap agar program ini memberikan dampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat Temanggung.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)